Staf Air France Mogok Kerja, Seperempat Penerbangan Dibatalkan

Staf Air France Mogok Kerja, Seperempat Penerbangan Dibatalkan

Paris, HanTer - Staf Air France mogok pada hari Jumat (30/3/2018) untuk ketiga kalinya dalam sebulan, sehingga memaksa maskapai penerbangan itu membatalkan seperempat penerbangan karena beberapa perselisihan industri membebani beban kerja Presiden Emmanuel Macron.
 
Sekitar 32 persen pilot Air France ditetapkan untuk bergabung dengan pemogokan pada hari Jumat bersama dengan 28 persen awak kabin dan 20 persen dari staf darat, menurut perkiraan perusahaan.
 
Sebelas serikat pekerja telah melakukan dua pemogokan pada 22 Februari dan 23 Maret mencari kenaikan gaji enam persen, dengan dua lagi direncanakan pada 3 April dan 7 April.
 
Serikat pekerja berpendapat perusahaan penerbangan harus berbagi kekayaan dengan stafnya setelah hasil yang kuat tahun lalu, tetapi manajemen bersikeras mereka tidak dapat menawarkan gaji yang lebih tinggi tanpa membahayakan pertumbuhan di sektor yang sangat kompetitif.
 
Air France diatur untuk membawa kenaikan gaji 0,6 persen dari 1 April dan 0,4 persen dari 1 Oktober, bersama dengan bonus dan promosi yang setara dengan kenaikan 1,4 persen untuk staf darat.
 
CEO Franck Terner bersikeras pada hari Kamis bahwa dengan laba operasi hampir 590 juta euro (US $ 727 juta) tahun lalu, hanya 200 juta euro yang dapat disisihkan untuk menaikkan gaji. "Untuk mendistribusikan kekayaan kita harus membuatnya terlebih dahulu," katanya kepada surat kabar Le Parisien.
 
Upaya berturut-turut untuk mengakhiri perselisihan telah berakhir dengan sengit, dengan serikat pilot berjalan keluar dari negosiasi Kamis sore setelah hanya 40 menit.
 
Juru bicara Air France mengatakan maskapai itu menjalankan 76 persen dari penerbangan yang direncanakan pada hari Jumat, termasuk 80 persen dari keberangkatan jarak jauh. Tetapi di beberapa bandara Prancis, seperti Nice, sebanyak separuh penerbangan Air France dibatalkan. Hermansyah

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com