Dunia Internasional Puji Duta Damai Dunia Maya

Dunia Internasional Puji Duta Damai Dunia Maya

Tangerang, HanTer - Duta damai dunia maya adalah salah satu program pencegahan lunak (soft approach) yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam penanggulangan terorisme. Program duta damai dunia maya ini terbukti efektif dalam menangkal  paham radikal terorisme di dunia maya. Bahkan keberhasilan program duta damai dunia maya ini telah mendapat pengakuan dunia internasional.
 
“Saat menghadiri pertemuan Arab Amerika yang dihadiri 50 negara di Arab Saudi dan didepan Presiden AS Donald Trump, saya paparkan program soft approach ini termasuk duta damai dunia maya. Dari situ saya diundang ke Gedung Putih untuk menjelaskan lebih detail . Disitu saya jelaskan bahwa untuk menanggulangi terorisme tidak cukup dengan hard approach (penangkapan), tapi cara-cara lunak terbukti lebih efektif dan Indonesia telah membuktikan,” kata Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, saat menutup Pelatihan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Banten di Tangerang, Rabu (25/4/2018).
 
Tidak hanya itu, Kepala BNPT juga diundang ke berbagai negara untuk menjelaskan tentang cara-cara lunak BNPT tersebut. Bahkan dalam waktu dekat ini, Komjen Suhardi Alius juga diundang ke Yordania untuk mempresentasikan program soft approach tersebut. Ia juga pernah diundang berbicara tentang penanganan kelompok teroris Boko Haram di Nigeria. Di situ juga dipaparkan bahwa untuk menangani kekerasan itu, tidak harus dengan kekerasan, tapi juga dengan cara-cara damai dan lunak.
 
“Meski lembaga BNPT masih terbilang kecil, tapi kami telah berhasil menjangkau dunia. Bahkan dunia mengakui keberhasilan Indonesia dalam penanganan terorisme dengan soft approach ini. Makanya duta damai dunia maya ini akan terus saya bawa ke forum internasional karena inovasinya luar biasa,” imbuh Suhardi Alius.
 
Terkait pelaksanaan pelatihan duta damai dunia maya ini, mantan Kabareskrim Polri menjelaskan, pelatihan wilayah Banten ini merupakan kegiatan lanjutan. Sejak 2016 sampai 2017, BNPT telah menggelar pelatihan duta damai dunia maya di 10 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.
 
Dengan keterbatasan anggaran yang ada, tahun ini kegiatan ini dilaksanakan di tiga provinsi. Banten mengawali, diikuti Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Suhardi Alius berharap dengan dikumpulkannya duta damai dunia maya ini, mereka bisa menyebarkan konten positif dan damai di dunia maya untuk membangun nasionalisme generasi muda.
 
“Duta damai dunia maya sebagai modal bagi BNPT untuk menjaga dunia maya dan dunia nyata dari radikalisme,” tukas Suhardi.
 
Ia menjelaskan bahwa dalam fenomena sekarang ini, kelompok teroris sangat fasih dan cerdas memanfaatkan internet untuk propaganda, maupun rekrutmen. Kalau dulu, propaganda radikalisme dilakukan melalui hubungan kekeluargaan, pertemanan, lembaga keagaman dan dengan cara tertutup. Juga baiat dilakukan secara angsungsung. Tapi hari ini, fenomena baru telah terjadi dengan menjadikan media onine, website untuk melakukan propaganda dan rekrutmen. Artinya, pola rekrutmen berubah, pembaitan tidak langsung melalui media.
 
Salah satu contohnya, jelas Suhardi, rencana bom ke Istana yang berhasil dicegah oleh Densus 88. Pelakunya dibaiat secara online, bahkan dinikahkan secara online juga. Ia tidak bisa membayangkan bila bom itu benar-benar meledak saat pergantian jam jaga Paspampres.
 
“Ini pentingnya keberadaan duta damai dunia maya yang mempunyai tanggungjawab moral memberikan daya tahan kepada anak muda dari propaganda radikal terorisme melalui internet,” ungkap mantan Kapolda Jabar ini.
 
Dari pelatihan duta damai dunia maya Provinsi Banten dihasilkan lima website yang akan tergabung bersama Pusat Media Damai (PMD) BNPT. Kelima website itu adalah www.culasatu.dutadamai.id, www.surosowan.dutadamai.id, www.ruangriung.dutadamai.id, www.benteng.dutadamai.id, www.jawara.dutadamai.id. Nama-nama website merupakan nama-nama dari kearifan lokal khas Banten.
 
Pengukuhan duta damai dunia maya Provinsi Banten ini dihadiri beberapa utusan dari negara sahabat seperti dari Kedubes Amerika Serikat, Spanyol, Maroko, Filipina, dan Belgia. Juga hadir perwakilan Forkompinda Provinsi Banteng, Wakil Walikota Tangerang. Dari pejabat BNPT hadir Deputi Kerjasama Internasional Irjen Pol. Drs. Hamidin, Sestama BNPT Marsma Dr. Asep Adang Supriyadi, ST, MM, Kepala Biro Umum Brigjen TNI Dadang Hendrayudha.
 
Sementara itu, ketua panitia pelatihan yang juga Kasubdit Kontra Propaganda BNPT Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko menambahkan bahwa kelima website damai duta damai Banten akan menjadi mitra strategis PMD BNPT dalam menyemarakkan konten damai di dunia maya. Ia berharap setelah resmi menjadi duta damai dunia maya, ke-60 anak muda Banten akan menghasilkan produk-produk konkrit dalam pencegahan terorisme, baik di dunia maya dan dunia nyata. Mereka juga akan otomatis tergabung dengan ratusan duta damai dunia maya yang telah ada sebelumnya.
 
Selanjutnya, duta damai dunia maya ini akan melaksanakan kegiatan positif, baik online maupun offline. Karena itu, ia berharap dukungan dari Pemerintah Daerah setempat, dan aparat terkait untuk memberikan dukungan dan membantu kelancaran kegiatan duta damai di daerah masing-masing.

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com