ABA BSI Jakarta Berbagi Ilmu Bahasa Inggris kepada Yayasan Uswatun Hasanah Depok

ABA BSI Jakarta Berbagi Ilmu Bahasa Inggris kepada Yayasan Uswatun Hasanah Depok


Depok, HanTer - Pengajaran Bahasa Inggris dapat dimulai sejak anak usia dini, sehingga anak-anak generasi penerus bangsa dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Mempersiapkan anak lebih awal akan jauh lebih baik karena anak menjadi siap bila masa itu sudah datang.

Manfaat yang lain anak-anak yang sudah dipersiapkan akan mudah mengerti artikel atau bacaan dalam bahasa Inggris. Informasi yang didapat juga lebih uptodate dan bermutu. Serta penguasaan teknologi seperti keahlian komputer juga lebih mudah bila sudah banyak kosakata yang dihafal. Orang tua harus konsisten berbicara dalam bahasa Inggris, jadikan bahasa dialog sehari-hari sampai ia fasih. Bila diajarkan sejak kecil, biasanya anak fasih berbahasa sampai berusia 12 tahun.

Mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak berbeda dengan mengajarkan bahasa ini kepada remaja atau orang dewasa. Anak-anak memiliki keunikan dan karakteristik tesendiri yang sedikit banyak mempengaruhi suasana pembelajaran di dalam kelas dan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru.

Begitu banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mempelajari bahasa Inggris, tidak perlu mengandalkan cara-cara konvensional seperti buku teks pelajaran serta pelajaran Bahasa Inggris basis sekolah, melainkan belajar bahasa Inggris lewat lagu terbukti cukup efektif bagi banyak orang. Lagu merupakan sumber bahasa yang otentik.

Hampir tak ada batas waktu dalam menggunakan media lagu untuk mengajar bahasa Inggris, maksudnya anak-anak bisa menggunakan lagu sebagai input bahasa sesuka hati mereka, kapan pun mereka mau, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mereka bisa menyenandungkan lagu ini di mana saja, dan kapan saja mereka menghendakinya.

Secara alamiah mereka bersentuhan secara cepat dengan bahasa Inggris dan menikmati proses ini. Ritme serta lirik pada lagu dapat membantu kita mengingat kata-kata lebih baik, terlebih lagi dengan bantuan komponen tersebut, kita dapat memahami pesan lagu lebih dalam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka Program Studi Bahasa Inggris Akademi Bahasa Asing Bina Sarana Informatika melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul “English Learning through Song” dengan target peserta guru-guru serta pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, Depok. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan, Sabtu (28/4/2018) dimulai pada pukul 09.00 WIB bertempat di Yayasan tersebut.

Sesuai agenda, rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan doa terlebih dahulu. Agenda selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh ibu Hj. Resmiati S.Pd selaku Ketua Yayasan Uswatun Hasanah. Dalam sambutannya, ibu Hj. Resmiati menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap keluarga besar ABA BSI Jakarta yang telah hadir untuk bersilaturrahim sekaligus membagikan ilmu kepada guru-guru serta pengurus yayasan Uswatun Hasanah.

Beliau juga mengungkapkan semoga apa yang diberikan oleh bapak-ibu dosen dari ABA BSI Jakarta bermanfaat bagi guru-guru dan yayasan yang nantinya akan memberikan manfaat kepada anak-anak didik generasi penerus bangsa. Terakhir beliau juga berharap semoga ke depannya kegiatan serupa dapat rutin digelar sehingga kedua belah pihak mampu mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Dan yang terakhir sambutan dari perwakilan Bina Sarana Informatika Jakarta yang disampaikan oleh Bapak Martias, S.Pd, M.T.

Setelah rangkaian sambutan selesai, tiba saatnya bagi ABA BSI Jakarta menyampaikan materi yang telah dipersiapkan. Kami dosen-dosen dari ABA BSI Jakarta secara bergantian menyampaikan materi yang ada. Dibuka dan dimulai oleh Mrs. Dr. Euis Meinawati M.Pd, kemudian dilanjutkan oleh Mrs. Herlin Widasiwi Setianingrum, S.S., M.M, Mrs. Sufi Alawiyah, M.Pd, Ms. Nurmala Dewi, M.Pd, Mrs. Dr. Sri Arfani, M.Pd dan yang terakhir Mr. Ahmad Sugondo, S.S, M.M.

Terlihat para peserta dengan penuh antusias dan semangat menyimak materi yang diberikan, bahwa untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anak, tidak perlu cara yang konvensional, kaku dan terlalu formal karena cara tersebut bukan cara yang efektif bagi anak-anak.

Sebagai pengajar Bahasa Inggris yang khususnya mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak, kita dapat menggunakan berbagai macam media seperti permainan, buku-buku cerita untuk anak-anak, dan lagu-lagu. Menggunakan media lagu merupakan salah satu cara yang efektif karena anak-anak tidak cepat bosan, dan secara tidak mereka sadari, mereka mempelajari berbagai macam kosakata dan kalimat dalam Bahasa Inggris, tentunya dengan cara yang asyik dan menyenangkan.

Para tutor memutarkan beberapa video musik sebagai media belajar bagi anak-anak. Memperagakan gerakan-gerakan yang diperagakan dalam video tersebut, dan para peserta dengan penuh semangat dan kegembiraan bersama-sama mengikuti gerak irama, dan menyanyikan lagu-lagu anak berbahasa Inggris yang diputarkan.

Selesai seluruh sesi, sampailah pada acara penutupan. Meskipun singkat, semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan dapat membuka khazanah pengetahuan para guru dan pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, serta diharapkan pula mereka mempunyai kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik sehingga mampu bermanfaat bagi hidup mereka kelak.  Acara terakhir yaitu penutup, berupa pemberian souvenir dari ABA BSI Jakarta kepada Yayasan Uswatun Hasanah. 

Diakhiri dengan sesi berfoto bersama, maka berakhirlah rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ABA BSI Jakarta kali ini. Semoga saling terjalin kekeluargaan antara ABA BSI Jakarta dengan Yayasan Uswatun Hasanah yang berkesinambungan ke depannya. Aamiin.

 

(***)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com