BAZNAS Siapkan Puluhan Relawan dalam Program Masjid Cemerlang

BAZNAS Siapkan Puluhan Relawan dalam Program Masjid Cemerlang


Jakarta, HanTer - Dalam rangka menyongsong Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), meluncurkan sejumlah program kreatif dan inovatif yang dipersembahkan untuk para mustahik dan muzaki. Salah satunya adalah “Masjid Cemerlang”.

“Program ini ditujukan untuk mempersiapkan masjid atau mushala agar lebih bersih dan nyaman untuk tempat ibadah saat Ramadhan,” ujar Direktur Operasi BAZNAS, Wahyu TT. Kuncahyo, saat meluncurkan program “Masjid Cemerlang”, di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Menurut Wahyu, ini merupakan salah satu program khusus Ramadhan 1439 Hijriyah. Program kebersihan ini dilaksanakan pada 70 masjid dan mushala di berbagai tempat, terutama di titik-titik strategis dan banyak dikunjungi masyarakat.

“Juga masjid dan mushala di pemukiman padat penduduk dan jalan protokol atau jalur yang sering disinggahi pemudik saat Hari Raya Idul Fitri,” ujar Wahyu.

Dia menyebutkan, program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang urgensi kebersihan masjid sebagai tempat ibadah.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian BAZNAS terhadap kebersihan tempat ibadah. Kita berharap gerakan ini bisa menggugah masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan masjid,” kata Wahyu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melakukan pembersihan lingkungan masjid seperti mengecat, memperbaiki fasilitas-fasilitas yang rusak dan sebagainya.

“Saat Ramadhan, masjid yang berada di tempat strategis dan banyak dikunjungi masyarakat, umumnya kurang terawat kebersihannya, cepat kotor dan kumuh. Karena itu, mari kita bantu pengurus masjid membersihkan dan menjaganya, sehingga ibadah Ramadhan tahun ini dan tahun berikutnya akan lebih nyaman,” ucap Wahyu.

Bentuk kegiatan berupa pembersihan lingkungan masjid seperti interior, lantai, dinding dan kamar mandi, pengecatan, renovasi-renovasi kecil dan pemberian bantuan peralatan dan bahan kebersihan.

"Untuk menyukseskannya, BAZNAS menurunkan para relawan dibantu masyarakat sekitar masjid atau mushala," kata Wahyu.

Dia menuturkan, tempat ibadah yang menjadi sasaran adalah masjid yang berada di lokasi padat penduduk, yang sudah optimal digunakan masyarakat, yang memiliki takmir kooperatif, terletak di jalur strategis atau jalan protokol dan masjid yang banyak disinggahi pemudik.

Wahyu memaparkan, BAZNAS menyiapkan puluhan relawan berseragam relawan BAZNAS. BAZNAS, imbuh dia, mengalokasikan anggaran sekira Rp 200 juta untuk biaya survei lokasi, koordinasi dengan pengurus masjid dan pengadaan sarana prasarana kebersihan seperti window washer, window squzee, kanebo, sprayer, sapu, lap kain, mop pell, kemoceng, cairan pembersih kaca, kamar mandi dan lantai; cairan pewangi karpet, sikat, ember, gayung, vacum cleaner dan sebagainya.

 

 

 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com