Menpora Jamin Aman dan Lancar, INASGOC: Pengamanan Asian Games 2018 Berlapis

Menpora Jamin Aman dan Lancar, INASGOC: Pengamanan Asian Games 2018 Berlapis


Teror bom yang terjadi belakangan ini menyita perhatian publik, tak terkecuali Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) yang akan menghelat pesta olahraga empat tahunan negara-negara se-Asia pada 18 Agustus mendatang.
 
Untuk mengantisipasi teror tersebut, INASGOC pun akan melakukan pengamanan berlapis sesuai dengan standar internasional guna mengantisipasi kejadian tidak diinginkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua INASGOC Erick Thohir di Jakarta, Senin (14/5/2018).
 
"Nantinya akan terdapat ring satu, dua, tiga karena sudah sesuai standar internasional. Tentu kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait," kata Erick dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta.
 
Selain itu, dia menegaskan, semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan Asian Games 2018 harus memiliki tanda pengenal yang terakreditasi. Ini berlaku pula bagi masyarakat yang ingin menonton langsung pertandingan-pertandingan Asian Games. "Jadi semua yang membeli tiket akan ada daftar dan keterangan rincinya," ujar Erick.
 
Menurut pria yang juga menjabat Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini, soal-soal terkait pengamanan tersebut sudah didiskusikan dan disetujui oleh Komite Olimpiade Asia (OCA). Oleh karena itu, INASGOC sudah siap seandainya timbul pertanyaan dari negara-negara peserta terkait hal tersebut.
 
"Kami siap memberikan penjelasan jika ada negara peserta yang mengajukan pertanyaan, kalau perlu kami datang langsung ke negara yang bersangkutan," tutur Erick.
 
Wacana terkait keamanan Asian Games 2018, termasuk Asian Para Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah mencuat setelah Indonesia dilanda tragedi bom di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. pada Minggu-Senin, 13-14 Mei 2018, yang menewaskan belasan orang dan melukai puluhan orang lainnya.
 
Aman dan Lancar
 
Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sudah menyatakan bahwa kedua ajang multicabang terbesar di Asia tersebut akan berjalan dengan aman dan lancar. "Kita tunjukkan bahwa 'Energy of Asia' tak berhenti hanya karena tragedi bom kemarin," kata Imam.
 
Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus-2 September 2018, sementara Asian Para Games 2018 berlangsung pada 8-16 Oktober 2018. 

(Harian Terbit/Eka)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com