Ngaku Dekat Jokowi, PSI Kok Dukung Calon Bupati Gerindra?

Ngaku Dekat Jokowi, PSI Kok Dukung Calon Bupati Gerindra?

Jakarta, HanTer -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sepertinya harus menjelaskan keputusan politik yang agaknya luput dari pantauan selama ini.  Yakni terkait keputusan mendukung calon bupati dan wakil bupati Tapanuli Utara (Taput), Sumut, yang diusung koalisi Gerindra. 
 
Padahal, selama ini diketahui, elite pimpinan PSI dan Waketum Gerindra Fadli Zon sering terlibat cekcok lewat media sosial. Cekcok antara Fadli Zon dan Sekjen PSI Sekjen Raja Juli Antoni bahkan harus berujung laporan kepolisian. Begitu pula twitwar Fadli Zon dengan Tsamara Amany, salah satu Ketua DPP PSI. Namun anehnya, PSI Taput justru mendukung cabup/cawabup yang diusung Gerindra.
 
Diketahui, PSI Taput lebih memilih untuk mendukung pasangan bupati dan wakil bupati Taput yang dijagokan Gerindra bersama 3 parpol lainnya. Dukungan itu, menurut PSI Taput sebagaimana dimuat media massa, pasangan Jonius Taripar Hutabarat-Frengky Pardamean Simanjuntak (JTP-Frens) sangat tepat memimpin Taput dalam lima tahun ke depan. Tidak ada penjelasan khusus mengenai alasan di balik dukungan itu, selain figur JTP yang dianggap muda dan kredibel.
 
Dukungan inilah yang sepertinya perlu dijelaskan PSI. Kenapa PSI tidak mendukung pasangan Nikson Nababan dan Sarlandy Hutabarat, calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP, Golkar, NasDem, PAN, dan PKB? Padahal, Nikson merupakan kader PDIP yang cukup sering berkomunikasi kepada Jokowi, baik sebagai kader maupun sebagai Bupati petahana Taput.  
 
Soal umur dan kinerja, Nikson juga masih muda serta telah menunjukkan hasil kinerjanya selama menjabat Bupati Taput. Salah satu kontribusi nyata selama Nikson menjabat Bupati Taput adalah dioperasikannya Bandara Internasional Silangit, Siborong-borong, yang berada dalam wilayah Taput.
 
Perbedaan dukungan antara PSI Pusat dan PSI Taput inilah yang layak dicermati dengan baik. Bahwa PSI Pusat boleh saja berseteru dengan Fadli Zon di tingkat nasional, tetapi malah akur di tingkat daerah. 
 
Dimintai keterangan, Ketua Umum PSI Grace Natalie belum memberikan jawaban. Grace belum bersedia menjawab pertanyaan yang dikirimkan via Whatsapp hingga berita ini diturunkan.

(Anugrah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com