Gubernur DKI Pastikan Kesiapannya Untuk Asian Games 2018

Gubernur DKI Pastikan Kesiapannya Untuk Asian Games 2018

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengemukakan, Pemprov DKI Jakarta siap menggelar Asian Games 2018. Perhelatan olahraga akbar se-Asia itu dianggap mampu meningkatkan ekonomi hingga 6,5 persen.
 
Menurut Anies, ada tiga komponen yang menjadi fokus Pemprov DKI Jakarta dalam mempersiapkan perhelatan Asian Games 2018. Di antaranya, lanjut Anies, penyelenggaraan, fasilitas, dan prestasi. Pada aspek penyelenggaraan, Pemprov DKI Jakarta telah mengerjakan titipan tugas dari Pemerintah Pusat seperti menyiapkan equestrian, velodrome, lapangan BMX, dan juga menyiapkan tempat berlatih para atlet.
 
Bukan hanya persiapan fisik yang menjadi fokus Pemprov DKI Jakarta. Sebab, yang menjadi pekerjaan rumah lanjutan adalah menumbuhkan demam Asian Games di masyarakat agar event olahraga akbar ini dirasakan setiap lapisan masyarakat. Untuk itu, Anies menginstruksikan warga Jakarta agar siap menyambut para atlet yang akan berlaga di Ibu Kota.
 
"Kami akan lakukan kegiatan dilingkungan masyarakat. Seperti misalnya di Kemayoran nantinya warga akan berinteraksi dengan para atlet," kata Anies Baswedan di Jakarta, Rabu (16/5/2018).
 
Anies menjelaskan, interaksi itu penting karena akan membawa dampak pada ekonomi warga. Dia pun mengaku telah berkoordinasi dengan asosiasi pusat perbelanjaan agar ikut serta menyambut para atlet yang ingin mencari buah tangan produk dalam negeri.
 
Selain itu, lanjut Anies, pihaknya juga telah memerintahkan PT Transjakarta guna memobilisasi warga yang ingin menyaksikan Asian Games secara langsung di venue. Sehingga, warga tidak perlu naik kendaraan pribadi untuk sampai sekitar venue.
 
"Semua sudah 99 persen dari semua persiapan Asian Games selesai, jadi insya Allah kami siap," tegasnya.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meyakini Perhelatan olahraga Asian Games ke-18 di Indonesia pada Agustus 2018 mendatang, akan membawa dampak positif, terutama bagi laju pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi DKI Jakarta dan Palembang sebagai host city atau kota tuan rumah.
 
Pertumbuhan ekonomi Jakarta, kata Sandi, lebih baik dari ekonomi Nasional, dan diprediksi di tahun 2018 ini akan lebih tinggi lagi dari 6,22%, salah satunya ada event Asian Games.
 
"Jadi kami berharap, adanya Asian Games ini bisa mendorong pertumbuhan (ekonomi) ke level 6,5% , mudah-mudahan ada upsize suprise," ungkapnya.

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com