Besok, Wakapolri Komjen Syafruddin Resmikan Polda Kalsel Tipe A

Besok, Wakapolri Komjen Syafruddin Resmikan Polda Kalsel Tipe A


Banjarmasin, HanTer - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) besok berubah dari tipe B menjadi tipe A, sesuai keputusan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
 
"Iya benar. Besok Polda Kalsel resmi jadi tipe A. Keputusan Kapolri Nomor Kep/675/V/2018, tanggal 21 Mei 2018 tentang Peningkatan Tipe Polda Kalsel dari tipe B menjadi tipe A," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalsel AKBP M. Rivai saat dihubungi Harian Terbit di Jakarta, Rabu (23/5/2018).
 
Saat ditanyakan apakah Kapolri akan hadir besok di Polda Kalsel? M. Rivai menjelaskan agenda Kapolri sangat sudah sangat padat. "Wakapolri Komjen Syafruddin yang akan hadir meresmikan," kata Rivai.
 
Sebelumnya, terhitung ada 4 polda di Indonesia yang dipertimbangkan akan naik kelas dari tipe B menjadi tipe A. Kenaikan ini tak lepas dari makin besarnya tantangan di wilayah kepolisian tersebut. Polda Kalsel salah satunya.
 
"Kita melakukan evaluasi terhadap 4 Polda, Kalsel, Kalteng, NTB, dan Jambi. Polda Kalsel masih tipologi B kapolda masih bintang 1 kalau naik tipe A akan menjadi bintang 2," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB) Asman Abnur saat evaluasi tipilogi di Polda Kalsel, Banjarmasin, Senin (23/4/2018).
 
Polda yang naik peringkat menjadi tipe A, otomatis juga akan mendapatkan kenaikan anggaran dan fasilitasnya seiring tantangan di daerah tersebut. Kendati demikian, polda yang hendak `naik kelas` harus terlebih dahulu diusulkan Polri dan dinilai oleh KemenPAN-RB dengan kriteria tertentu.
 
"Polda bisa meningkatkan pelayanan berbasis elektronik. Tingkat keberhasilan ini akan menjadi indikator dalam meningkatkan prestasi dan kinerja. Semakin tinggi indeksnya, maka semakin besar pula indeks kenaikan tipe," bebernya.
 
Selain itu kriteria lainnya yang diukur adalah penilaian kinerja transparansi dan akuntabilitas dalam tugas. Kriteria ini dikonkretkan dengan status penerapan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).
 
Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana, mengatakan cukup percaya diri dengan kriteria yang ditetapkan KemenPAN-RB. Hal itu lantaran dua kriteria tersebut dinilai sudah terpenuhi oleh Polda Kalsel. Pertama mengenai layanan berbasis elektronik yang sudah diterapkan Polda Kalsel bernama `Sasirangan`.
 
"Polda Kalsel juga telah menggunakan sarana dan sistem berbasis IT sebanyak 56 layanan publik antara lain, SKCK, SIM, dan informasi Karhutla. Selanjutnya disatukan dalam satu aplikasi bernama Sasirangan," tutur Rachmat.
 
Untuk diketahui aplikasi yang diluncurkan pada 6 April itu melengkapi kriteria untuk polda tipe A lainnya, yaitu kinerja transparan yang kini sudah dimiliki oleh Polres Banjarmasin. Polres yang berada di satuan wilayah Polda Kalsel ini bahkan telah menerima penghargaan dari KemenPAN-RB sebagai salah satu dari 10 polres Indonesia yang mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).
 
Kapolda Rachmat menambahkan prestasi Polda Kalsel lainnya adalah hasil `Baik` dari evaluasi Akubtabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) selama 3 kali di tahun 2015-2017.
 
"Sedangkan Indek Tata Kelola (ITK) Polda Kalsel yang dinilai pada tahun 2015 dengan nilai 6.042 dengan kriteria cenderung sedang yang meliputi 7 prinsip tata kelola yang baik dan 8 area perubahan, serta menempati peringkat 8 di seluruh polda di seluruh Indonesia," pungkasnya.
 
Untuk diketahui jumlah personel Polda Kalsel sebanyak 8.772 personel. Rasio jumlah personel dengan penduduk adalah 1 banding 477 jiwa dan apabila dibandingkan dengan luas wilayah 1 personel berbanding dengan 7.35 km persegi dengan jumlah Polres lebih dari 10.
 
Yakni Polresta Banjarmasin, Polresta Banjarbaru, Polres Banjar, Polres Tapin, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Hulu Sungai Tengah. Polres Hulu Sungai Utara, Polres Tabalong, Polres Balangan, Polres Kotabaru, Polres Tanah Bumbu, Polres Tanah Laut, Polres Barito Koala.
 

(Danial)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com