Ada Sejumlah Kejanggalan, Komunitas Seni Merah Putih Pertanyakan Asian Games 2018

Ada Sejumlah Kejanggalan, Komunitas Seni Merah Putih Pertanyakan Asian Games 2018


Jakarta, HanTer – Bakal digelar dalam waktu dekat ini, sekelompok pegiat seni yang menamakan dirinya Komunitas Seni Merah Putih mempertanyakan sejumlah kejangggalan  terkait  pihak yang memenangkan tender upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang. 
 
Bens Leo yang dikenal sebagai pengamat musik didampingi oleh sejumlah pelaku seni lain, seperti Ati Ganda menilai, penunjukan vendor asing dengan cara yang tidak semestinya itu  telah menutup peluang vendor lokal untuk menunjukkan karya terbaiknya di kancah global. 
 
“Meski dari Amerika, karya anak negeri  saya jamin tidak kalah dari mereka,” kata Bens Leo di kawasan Hang Leu Kie Jakarta Sekatan, Jumat (25/5/2018).
 
Ia mencontoh sederet nama lokal  yang telah mampu unjuk kemampuan dalam menangani berbagai pertunjukan kelas dunia. Diantaranya,  Guruh Sukarno Putra, Helmy Yahya, Ati Ganda, Purwacaraka, Jay Subyakto, Denny Malik, Eko Supriyanto, Ndol Geafary.
 
“Mereka itu pekerja seni kreatif Indonesia yang sudah puluhan tahun sukses dalam gelaran event sejenis, baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka bekerjasama dengan vendor lokal Indonesia untuk menangani event besar seperti HUT RI di di Stadion Utama, Sea Games 2011 di Palembang, Asian Beach Games, Islamic Games, University Games yang semuanya berskala Internasional,” terangnya.
 
Selain itu, terkait konser musik, vendor Indonesia yang terbiasa menangani pertunjukan musik kelas dunia adalah, Mata Elang milik Hendra Lie  yang menyiapkan penuh kebutuhan konser Metallica di Stadion Utama, Jakarta, tahun 2013. Mata Elang juga ikut memasok peralatan panggung konser Rolling Stones di Macau, 2014. 
 
“Persoalannya bukan karena kami tidak dapat, tapi masalahnya kenapa bukan anak negeri yang menangani perhelatan tersebut, kenapa pihak luar,” tambahnya. 
 

(romi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com