Perluasan Ganjil Genap Saat Asian Games, Warga Diminta Gunakan Transportasi Umum

Perluasan Ganjil Genap Saat Asian Games, Warga Diminta Gunakan Transportasi Umum

Jakarta, HanTer - Warga DKI Jakarta dihimbau agar menggunakan moda transportasi umum saat Asian Games berlangsung. Pasalnya, saat perhelatan olahraga terbesar di Asia itu berlangsung, sistem ganjil genap akan diterapkan di sejumlah ruas jalan.
 
Masyarakat tidak perlu pusing dengan perluasan wilayah ganjil genap. Masyarakat Jakarta pun diminta mencari jalur alternatif dengan beralih ke transportasi umum.
 
Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Transjakarta kini tengah menyiapkan angkutan umum untuk pelaksanaan kebijakan tersebut.
 
Selain perluasaan wilayah ganjil genap,  Sistem buka tutup gerbang tol juga akan diterapkan selama penyelenggaraan Asian Games 2018 guna memperlancar arus lalu lintas dari Wisma Atlet ke lokasi pertandingan. Hal ini diyakini dapat mempersingkat waktu atlet untuk tiba di venue tepat waktu.
 
Menurut jadwal, Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus 2018 mendatang. Gelora Bung Karno di kawasan Senayan akan menjadi pusat kegiatan, sementara Wisma Atlet berada di kawasan Kemayoran.
 
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu mengungkapkan, lokasi ganjil-genap yang selama ini sudah berjalan sejak tanggal 30 Agustus 2016 (Jalan Sudirman-Thamrin dan sebagian Jalan Gatot Subroto).
 
"Kami melakukan perluasan wilayah ganjil-genap di sejumlah wilayah lain di Jakarta," papar Budiyanto.
 
Menurut AKBP Budiyanto, nantinya ada sejumlah wilayah baru yang akan diberlakukan sebagai kawasan ganjil genap. Rencananya sistem ganjil-genap mulai diterapkan sebulan sebelum acara, yakni pada bulan September 2018.
 
Untuk uji cobanya akan dilakukan pada minggu pertama dan kedua bulan Juli 2018. Setelah uji coba dilakukan, evaluasi perluasan ganjil-genap akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Juli 2018. Setelah itu barulah pelaksanaan sepenuhnya bakal berlangsung pada pada minggu keempat bulan Juli 2018.
 
Adapun wilayah baru yang akan diberlakukan sebagai wilayah ganjil-genap adalah:
 
1. Ruas Jalan S Parman-Gatot Subroto-MT Haryono-DI Panjaitan-Ahmad Yani-hingga Simpang Coca Cola atau Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.
 
2. Jalan Arteri Pondok Indah atau di ruas Jalan Simpang Kartini sampai dengan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
3. Sepanjang ruas Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.
 

 

4. Ruas Jalan Bunyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Budiyanto mengatakan, sosialisai perluasan area ganjil-genap ini akan dilakukan pada minggu keempat dan kelima bulan Juni 2018.

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com