Grup Ustadz Sueb Mawardi Raih Juara 2 Musabaqoh Hifzhil Quran

Grup Ustadz Sueb Mawardi Raih Juara 2 Musabaqoh Hifzhil Quran

Depok, HanTer - Kecintaan dan berinterkasi dengan Al Quran sudah menjadi keharusan bagi umat Islam, apalagi di bulan puasa penuh berkah ini. Setiap nafas kita senantiasa di hiasi dengan lafadz Al Quran supaya hidup kita bisa lebih bermakna dan bernilai ibadah.
 
Beranjak dari itu, sejumlah kelompok laki-laki (ikhwan) dan wanita (akhwat) yang tergabung dalam komunitas pecinta Al Quran mengadakan Yaumun Ma an Quran & Musabaqoh Hifzhil Quran yang diikuti puluhan grup, dengan rincian 24 grup akhwat dan 16 grup ikhwan.
 
Uniknya, penilaian lomba ini bukan hanya pada kelancaran dalam menghafal Al Quran, namun ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Diantaranya, kehadiran  semua anggota, tebak surat dan sambung ayat. 
 
Setiap grup di uji dengan Juz (30)surat Annas hingga Annaba) dalam Al Quran. Selain itu, panitia menetapkan 3 surat wajib yang harus dihafal setiap grup, yakni surat Abasa, Al Insyiqop sebagai dan Al Buruj. 
 
Tak heran, sebelum lomba digelar masing-masing peserta melakukan latihan membentuk formasi terbaik guna memudahkan pertanyaan dewan juri. Ada yang menghafal secara perorangan, berkelompok dan membaca berulang-ulang. 
 
“Semoga saja surat yang ditanya dewan juri yang sudah saya hafal, karena ada satu surat yang belum saya hafal, yakni surat Insyiqoq,” kata salah seorang peserta grup, Aris Eko di SMAIT Nurul Fikri di Jalan RTM Cimanggis Depok, Ahad (27/5/2018).
 
Selain itu, jelang lomba semua peserta mendapat tausiyah dari Ustadz H. Dedi Martoni SPd, MSi berupa kajian Tafsir Juz 30 surat Al Ghosyiah. Dalam pemaparannya ustadz Dedi Martoni menjelaskan mengenai hari kiamat yang begitu dahsyat dialami setiap orang.
 
Selain itu, ustadz Dedi juga memberi motivasi kepada setiap peserta untuk bisa menghafal Al Quran dengan cara mudah tanpa alasan terkendala usia. Lantaran, ia mencontohkan ada seorang supir di Arab Saudi berusia 62 tahun yang mampu menghafal Al Quran 30 juz selama dua tahun.
 
“Ini memberi spirit buat kita bahwa siapapun bisa menghafal Al Quran asalkan diniatkan dengan sungguh-sungguh. Contohnya ya supir itu, dan masih ada contoh-contoh yang lain,” katanya.
 
Sementara, usai dewan juri menyeleksi para peserta, dari grup binaan ustadz Sueb Mawardi keluar sebagai juara kedua dengan nilai yang telah ditentukan. Sedangkan, untuk juara pertama dan ketiga diraih grup lain.
 
Grup ustadz Sueb Mawardi, anggotanya antara lain, Aris, Bintang, Dede, Elvis, Fardhol, Lutfi, Rinaldi, Romi, Syarif dan Yusra. 
 
 
  
 

(***)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com