Resmi Dilantik, Laksana Tri Handoko Jabat Kepala LIPI

Resmi Dilantik, Laksana Tri Handoko Jabat Kepala LIPI


Jakarta, HanTer - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir melantik ilmuwan atau peneliti fisika berprestasi Indonesia Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Laksana Tri Handoko menggantikan Plt. Kepala LIPI Prof. Dr. Bambang Subiyanto.

"Pelantikan sesuatu yang rutin, bentuknya amanah, sehingga harus dijalankan sebaik-baiknya," kata Menristekdikti saat melantik Kepala LIPI baru di Auditorium Utama LIPI Pusat, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Nasir berpesan, Kepala LIPI di era saat ini tentu harus bekerja keras dalam menyongsong era Industri 4.0. Terlebih situasi saat ini harus bisa mengangkat marwah LIPI sebagai pusat ilmu pengetahuan nasional.

Tanggung jawab utama adalah menciptakan tata pemerintahan yang baik mencakup transparansi, awareness, accountability, responsibility. Elemen ini menjadi tumpuan mengelola lembaga pemerintah yang memiliki banyak aturan. "Tetapi tidak boleh terbelenggu pada aturan tersebut tetapi harus menciptakan inovasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan Indonesia, baik ilmu sains maupun sosial," lanjutnya.

Plt. Kepala LIPI sebelumnya Bambang Subiyanto mengucapkan rasa syukur dan selamat atas terpilihnya Kepala LIPI yang baru. "Saya berharap Pak Handoko ke depan mampu membawa LIPI dan iptek di Indonesia menjadi lebih maju lagi. Sebab, menjadi Kepala LIPI haruslah orang yang visioner dan mampu menempatkan iptek menjadi bagian penting dari negeri ini," kata Bambang.

Kepala LIPI baru Ilmuwan yang akrab disapa Handoko ini menjadi Kepala LIPI setelah melewati proses panjang seleksi terbuka jabatan Kepala LIPI, sejak mulai diumumkan dalam laman ristekdikti.go.id pada 22 Desember 2017 hingga resmi terpilih.

Perjalanan Handoko sebagai seorang ilmuwan Indonesia diraih setelah mengenyam pendidikan S1 hingga S3 di Jepang. Untuk S1, Handoko memperoleh gelar dari Komamoto University, Jepang. Sedangkan, S2 hingga S3 ditamatkan di Hiroshima University, Jepang. Pria kelahiran Malang, 7 Mei 1968 ini menjadi bagian dari LIPI sejak 2002. 

 

 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com