INAPGOC Uji Kesiapan Gelar Asian Para Games Lewat Tes Even 27 Juni Hingga 3 Juli

INAPGOC Uji Kesiapan Gelar Asian Para Games Lewat Tes Even 27 Juni Hingga 3 Juli

Jakarta, HanTer - Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPGOC), bersiap untuk menggelar tes even atau uji coba, bertajuk Indonesia Para Games Invitational Tournament, pada 27 Juni hingga 3 Juli mendatang yang berpusat di Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
Menurut Direktur Divisi Sport, Fanny Riawan, tujuan dari penyelenggaraan invitasi ini adalah untuk menguji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia, serta elemen pendukung lainnya.
 
“Melalui test event ini kami akan mendorong para atlet secara formal bisa berlaga di Asian Para Games dengan memenuhi MQS (Minimum Qualification Score) dan juga untuk mengecek kesiapan venue, sekaligus dukungan dari seluruh divisi terkait. Selain itu, kami juga ingin meninggalkan warisan melalui NTO course atau pelatihan wasit dan juri nasional dari seluruh Indonesia,” ujar Fanny, Minggu (3/6/2018).
 
Indonesia Para Games Invitational Tournament akan mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda. Dari kelima cabang olahraga itu, tenis meja sekaligus akan menjadi ajang kualifikasi untuk atlet difabel yang belum lolos ke Asian Para Games 2018.
 
Dengan status open tournament dan mendapat pengakuan dari federasi internasional para table tennis, IPTTC, tercatat sudah 13 negara yang menyatakan akan ambil bagian di cabang olahraga ini.
 
Sementara itu, cabang bola basket kursi roda juga akan menjadi invitasi internasional yang akan diikuti oleh Malaysia, Thailand, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Sedangkan tiga cabang lainnya hanya akan diikuti oleh atlet Indonesia dari berbagai daerah.
 
Salah satu hal penting yang akan dilakukan di tes even Indonesia Para Games Invitational Tournament ini adalah penentuan kategori klasifikasi oleh classifier bersertifikat internasional. Klasifikasi pada gelaran ini akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada 6-13 Oktober mendatang.
 
Berikut ini adalah jadwal kompetisi tiap cabang olahraga pada tes even Indonesia Para Games Invitational Tournament.
 
Atletik: 30 Juni – 1 Juli, Stadion Madya Gelora Bung Karno
Bulutangkis: 27 – 28 Juni, Istora Gelora Bung Karno
Renang: 1 -2 Juli, Stadion Akuatik Gelora Bung Karno
Tenis Meja: 1 – 3 Juli, GBK Arena
Wheelchair Basketball: 1 – 2 Juli, Hall Basket Gelora Bung Karno

(Hermansyah )

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com