BPJS Kesehatan Imbau Fasilitas Kesehatan Layani Pemudik

BPJS Kesehatan Imbau Fasilitas Kesehatan Layani Pemudik


Jakarta, HanTer - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan peserta JKN-KIS yang tengah mudik lebaran dapat dilayani di fasilitas kesehatan setempat atau di luar wilayah peserta terdaftar.

Oleh karena itu, setiap pemudik diimbau untuk selalu membawa serta kartu JKN-KIS dan pastikan status kepesertaannya aktif atau tidak menunggak iuran. 

“Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut,” ungkap Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari  dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Andayani menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas seperti Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan, yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Namun, sambung dia, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta," tegas Andayani.

Pada momentum mudik lebaran kali ini, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

“Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 - 14 Juni 2018 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.” 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com