Pemprov DKI Hibahkan Rp120 M

Pemprov DKI Hibahkan Rp120 M

Sertifikasi 282.655 Bidang Tanah

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menandatangani kesepakatan bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tentang Penanganan Permasalahan Tanah dan Legalisasi Aset di Provinsi DKI Jakarta.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil di Jakarta. Kesepakatan bersama tersebut antara lain melingkupi pendaftaran tanah pertama kali, pemanfaatan one map cadaster, mengintegrasikan peta dasar (base map) dan data tematik yang meliputi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, serta peta zona nilai tanah. Kesepakatan bersama akan berlangsung selama satu tahun sejak ditandatangani.

Menurut Gubernur Anies kesepakatan bersama itu dapat mempercepat legalisasi aset dan tanah di Jakarta.

"Kami berharap dari kesepakatan ini akan muncul langkah konkrit pedoman pelaksanaan bagi para pihak untuk percepatan legalisasi aset tanah di wilayah Pempov DKI, baik milik masyarakat maupun Pemda," ucap Gubernur Anies dalam sambutannya di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Senin (4/5/2018).

Selain itu melalui kerjasama tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga akan menghibahkan dana sebesar Rp120 Miliar kepada Kementerian ATR/ BPN untuk mendukung program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Dengan dana sebesar itu, berarti Pemprov DKI Jakarta akan mendanai pendaftaran tanah sebanyak 282.655 bidang tanah di Jakarta.

.Apresiasi

Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarif, mengapresiasi hal tersebut. Dia berharap kedepannya akan ada langkah konkrit guna percepatan legalisasi aset tanah di DKI.

"Pada prinsipnya, saya mengapresiasi hal tersebut. Karena hal ini guna memberikan legalisasi tanah di Jakarta," terangnya di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Dia berharap, adanya langkah tersebut dapat memberikan dampak positif kedepannya.

"Terutama kepastian hukum terhadap setiap bidang tanah di DKI. Dan, menghindari konflik nantinya," terang dia. 

 

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com