Jelang Lebaran, Penumpang Kapal Pelni Naik 100 Persen

Jelang Lebaran, Penumpang Kapal Pelni Naik 100 Persen

Jakarta, HanTer – PT Pelni (Persero) mencatat terjadinya peningkatan drastis penumpang kapal hingga H-11 Idul Fitri. Peningkatan terjadi merata hampir di seluruh pelabuhan.

Corporate Secretary Pelni Ridwan Mandaliko mengungkapkan, pelabuhan seperti Tanjung Priok, Jakarta M. Ciremai tujuan Surabaya-Makasar-Baubau-Ambon-Sorong-Biak-Manokwari-Jayapura, dipenuhi pemudik dari Jakarta.

“Kapal 3in1 yang dapat mengangkut 2.000 orang tersebut membawa 1.294 pemudik tujuan berbagai kota di Indonesia Timur, mengalami peningkatan 100 persen lebih dibanding hari biasa, sekitar 500 penumpang,” kata Ridwan pada acara buka bersama dengan media di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

KM. Kelud, tambah Ridwan yang baru tiba di Tanjung Priok Senin (4/6) petang menurunkan sekitar 2.258 pelanggan Pelni dari Batam, Tanjung Balai Karimun dan Belawan. KM. Kelud akan berangkat kembali Rabu (6/6) dini hari ini nanti. “KM Kelud akan berangkat nanti pukul 01.00 dini hari, penumpangnya cukup signifikan,” ujarnya.

Pelni bersama dengan 23 BUMN dalam pelayanan angkutan lebaran mulai dirasakan masyarakat. Program Mudik Bareng BUMN 2018, yang digelar 23 BUMN dengan kapal Pelni telah melaksanakan pelepasan mudik gratis bagi peserta Mudik Bareng BUMN 2018.

Dari Tanjung Priok, PT Brantas Abipraya melepas 250 pemudik ke Surabaya dengan KM Ciremai, Senin (4/6). Dalam kesempatan itu juga dilakukan acara pelepasan Mudik Bareng BUMN bersama PT Brantas Abipraya.

Ridwan menyatakan, mudik dengan kapal laut lebih Indonesia, karena mudik yang selama ini terkesan di Jawa, dapat menyebar ke seluruh Nusantara. Hal ini menambah jangkauan pelayanan mudik gratis bagi masyarakat Indonesia.

Selain dari Tanjung Priok, Mudik Bareng juga diberangkatkan dari Makasar. PT. Jiwasraya dan PT. Semen Indonesia memberangkat peserta Mudik Bareng BUMN dengan KM. Dobonsolo Makasar-Surabaya. PT. Jiwasraya memberangkatkan 200 pemudik, semenatara PT Semen Indonesia memberangkatkan 250 pemudik. “Mereka yang belikan tiket kapal Pelni untuk mudik ke Suarabaya, pemudik berangkat pagi ini,” tutur dia.

 “Tahun ini kami menyiapkan 250 tiket gratis, kaos, topi dan tas kantong. Dengan mudik bareng di berbagai daerah yang didukung Kementerian BUMN, mudik dengan kapal laut sangat terasa bagi warga di pelosok Nusantara,” tutup Ridwan.

 

(Akbar)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com