Penyelenggaraan API 2018 Lakukan Perubahan dan Penambahan Kategork

Penyelenggaraan API 2018 Lakukan Perubahan dan Penambahan Kategork

Jakarta, HanTer - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan pendukungan penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Penyelenggaraan API  yang memasuki tahun ketiga oleh pihak penyelenggaraan dilakukan perubahan dan penambahan kategori sebagai upaya mengakomodir perkembangan yang terjadi di dunia pariwisata.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, I Gde Pitana mengatakan, Kemenpar memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan API  yang turut serta mendorong daerah dalam memajukan destinasi pariwisata di masing-masing daerah  sehingga lebih berkualitas dan berdaya saing di tingkat regional maupun global.
 
“API sebagai ajang lomba pariwisata Indonesia yang berbentuk pemilihan obyek-obyek wisata di Indonesia melalui vote ini juga turut serta mendorong masyarakat memberi perhatian terhadap destinasi pariwisata di daerahnya  ,” kata I Gde Pitana dalam jumpa pers API 2018 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Selasa (5/6/2018).  
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara API 2018 Hiro Kristianto, pihak penyelenggara terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam pelaksanaannya. “Pada API 2018 kembali dilakukan perubahan dan penambahan kategori sebagai upaya mengakomodir perkembangan yang terjadi di dunia pariwisata. Pada penyelenggaraan tahun ini, terdapat kategori Wisata Olahraga & Petualangan, Wisata Air dan Ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya,” sambungnya.  
 
Disamping itu, pada tahun ini ada penambahan 3 kategori baru yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif dan Cendera Mata. “Pada tahun ini pihak panitia melakukan terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi API. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan API mulai dari kategori, nominasi, para juara tahun sebelumnya hingga penjelasan singkat tentang tiap-tiap nominasi yang ada,” kata Hiro Kristianto.  
 
Aplikasi ini, kata Hiro Kritianto,  juga sengaja dibuat agar masyarakat dapat melakukan pemungutan suara (voting) secara gratis dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi itu sendiri dapat di unduh di Google Playstore. Untuk informasi lengkap tentang API juga dapat dilihat pada situs web anugerahpesonaindonesia.com, sedangkan pemungutan suara, selain melalui aplikasi juga dapat dilakukan melalui SMS berbayar dengan menggunakan format keyword sesuai nominasi pilihan.
 
Saat ini pemungutan suara telah dibuka sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2018, sementara  pengumuman juara API 2018 akan dilakukan pada bulan November 2018 . Seperti diketahui pada ajang API 2017 tahun lalu sebagai juaran umum adalah Provinsi Riau dengan memperoleh 7 penghargaan antar lain; makanan tradisional terpopuler, situs sejarah terpopuler, termpat berselandar terpopuler,  atraksi budaya terpopuler, serta festival pariwisata terpopuler.

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com