Kemenkes Dirikan Pos Kesehatan Percontohan di Rest Area

Kemenkes Dirikan Pos Kesehatan Percontohan di Rest Area


Jakarta, HanTer - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta dan Dinkes Subang mendirikan dua unit pos kesehatan, yang berlokasi di rest area Km 88 A Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan rest area km 101 B Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek menjelaskan, dua tempat itu dipilih atas pertimbangan letak yang strategis dan jumlah pengguna jalan tol tersebut yang relatif tinggi. Rencananya, pos ini akan menjadi percontohan, lantaran memenuhi standar dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Pelayanan yang diberikan berupa pengobatan umum, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kegawatdaruratan dan pelayanan transportasi rujukan medis.

“Pos kesehatan juga memberikan pelayanan promosi kesehatan dan pencegahan seperti penyediaan informasi kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah,” kata Menkes dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/6/2018).

Menkes menyerahkan operasional pos kesehatan itu kepada Dinkes Purwakarta dan Dinkes Subang. Kedua Dinkes ini, diminta untuk memperhatikan ketersediaan layanan, petugas kesehatan, peralatan kesehatan, obat-obatan, bahan habis pakai, serta dipastikan berjalannya sistem rujukan yang baik sehingga pos kesehatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Demikian pula pada masa cuti bersama dan libur lebaran, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa,” kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat meninjau pos kesehatan di KM 88 tol Cipularang, Kamis (7/6).

Menurut Menkes, ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan  kurang paham kesehatan. Untuk Mengatasinya, Kemenkes telah menyiapkan fasilitas kesehatan, pos kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di sepanjang jalur mudik-balik, terminal, bandara, pelabuhan, rest area, dan tempat wisata. 

 

 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com