Pemudik Bermotor Ramai Tol Cikarang Normal

Pemudik Bermotor Ramai Tol Cikarang Normal

Arus Mudik Lebaran 2018

Jakarta, HanTer - Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai ramai di jalan Arteri Karawang-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memasuki H-6 Lebaran atau Sabtu dini hari.

"Sejak Jumat (8/6) malam hingga Sabtu dini hari arus lalu lintas di jalan arteri Karawang sudah mulai ramai," kata Kapolres setempat AKBP Slamet Waloya di Karawang, Sabtu.

Iring-iringan pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta dan sekitarnya sudah terlihat sejak di wilayah Tanjungpura atau titik perbatasan Karawang-Bekasi.

Pihak kepolisian dari Polres Karawang sempat menutup jalan menuju perkotaan Karawang, dan mengarahkan kendaraan melintasi jalan Lingkar Luar By Pass Karawang.

Kapolres mengatakan, pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan di pertigaan Tanjungpura itu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan di jalan wilayah perkotaan.

"Mulai Jumat (8/6) malam, volume kendaraan mulai meningkat. Kami bersama relawan mitra kepolisian mulai sibuk mengatur arus lalu lintas," kata dia dilansir Antara.

Masih Normal

Pada  H-7 hari raya Idul Fitri 2018 (1439 H), kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama pada Jumat (8/6/2018) pukul 23.20 WIB terpantau masih normal, belum ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan.

Kendati begitu,  kata Direktur Lalu Lintas Pandu Yunianto saat mendampingi Pemantauan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi ke Gerbang Tol Cikarang Utama, Jumat malam (8/6), seluruh stakeholder terkait tetap siap dalam mengantisipasi peningkatan volume kendaraan esok hari (Sabtu, red), khususnya yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Merugi

Sementara itu pengusaha Perusahaan Otobus (PO) di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengaku mengalami penurunan jumlah penumpang mudik setiap tahunnya akibat antusiasme masyarakat terhadap program mudik gratis yang marak digelar oleh sejumlah instansi.

"Penurunannya (jumlah penumpang) bisa sampai 50-70 persen setiap tahunnya," kata Operator Perusahaan Otobus Sinar Jaya, Munjafar di Terminal Induk Kota Bekasi, Jumat malam.

Menurut dia, hingga malam ini arus mudik di Terminal Induk Kota Bekasi Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur belum dirasakannya, meskipun sejumlah rute ke berbagai daerah di Jawa Tengah telah difasilitasi.

"Biasanya PO kami merupakan favorit pemudik asal Kota Bekasi. Tapi sampai malam ini kami belum merasakan adanya peningkatan penumpang, masih cenderung stabil seperti hari normal sebelum mudik," katanya.

Munjafar mengatakan, faktor lain penurunan jumlah penumpang tahun ini juga dipicu oleh kebijakan pemerintah dalam mengoperasionalkan armada bus tambahan selama musim mudik.

"Paling maksimal kursi yang terisi 20 dari total 54 yang tersedia. Tidak sampai setengahnya dan kami tidak `ngompreng` di jalan, jadi jumlah penumpang tetap sampai di tujuan," katanya.

(Danial)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com