Portugal vs Spanyol, Panasnya Pekan Pertama Kejuaraan Sepakbola Dunia 2018

Portugal vs Spanyol, Panasnya Pekan Pertama Kejuaraan Sepakbola Dunia 2018

Kejuaraan Sepakbola Dunia 2018

Sochi, HanTer - Demam Kejuaraan Dunia Sepakbola 2018 mulai merebak ke seluruh jagat raya. Partai pembuka akan dilakoni tuan rumah Rusia melawan salah satu tim kuat Asia, Arab Saudi, akan tetapi ada sebuah laga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggila bola di pekan pertama fase penyisihan grup.
 
Tepatnya di Grup B. Dimana dua tim raksasa sekaligus favorit peraih gelar di ajang empat tahunan kali ini, yakni Portugal dan Spanyol, akan baku hantam memperebutkan kemenangan. Ini tak sebatas tiga angka, melainkan adu gengsi antar negara saat bertempur di Olimpiyskiy Stadium, Sochi, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.
 
Saat melangkah ke Rusia, Portugal sendiri membawa predikat sebagai kesebelasan yang menguasai benua biru. Itu tak lepas setelah tim asuhan pelatih Fernando Santos mampu menggenggam sebuah gelar bergengsi usai menjuarai Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Perancis.
 
Dengan status itu, tentu mereka tidak ingin kecewa dan malu ketika menghadapi Spanyol. Skuad Santos bertekad mengamankan tiga angka guna menjaga kans melangkah ke fase gugur dan kembali menuai kesuksesan seperti yang dilakukan dua tahun silan di Piala Eropa.
 
Namun Santos sendiri sebenarnya mengakui bahwa status sebagai juara Piala Eropa menjadi beban berat baginya. Karena ia dituntut lebih ketika bermain di Kejuaraan Sepakbola Dunia tahun ini. Untuk itu ia meminta kepada anak asuhnya tidak memikirkan hal tersebut dan hanya berkonsentrasi saat bertarung di lapangan hijau.
 
Karena ia yakin meski sukses menjuarai Piala Eropa dua tahun lalu, keberadaan Portugal di Kejuaraan Dunia sepakbola 2018 ini hanyalah sebagai kesebelasan kuda hitam. Pasalnya banyak favorit yang datang dari benua lain, seperti Argentina dan Brasil dari Amerika Selatan yang membawa misi khusus memenangkan gelar saat bertarung di Rusia.
 
"Bagi saya, favorit disini adalah Brasil, Jerman, Spanyol, Argentina dan Perancis. Saya mengatakan ini karena kekuatan luar biasa yang mereka miliki dan kualitas luar biasa dari tim mereka, di samping pengalaman mereka di panggung besar dan kesuksesan," kata Santos dilansir laman FIFA.
 
“Tapi kami adalah kelompok yang sangat kuat, kohesif. Kami akan tetap rendah hati, tetapi kami tahu kami memiliki kualitas. Kami tidak memiliki niat untuk berpikir bahwa kami lebih baik daripada orang lain, tetapi kami sangat meyakini kualitas kami dan kami tahu bahwa kita akan sulit dikalahkan," sambung dia.
 
Di lain sisi, Spanyol tidak akan tinggal diam saat berhadapan dengan Portugal pada partai pembuka Grup B akhir pekan nanti. Kemenangan menjadi incaran tim asuhan pelatih Julen Lopetegui guna menduduki puncak klasemen. Meski demikian, sang pelatih tetap meminta kepada anak asuhnya, untuk mewaspadai kekuatan yang dimiliki Selecao das Quinas, julukan Portugal.
 
"Kami harus siap menghadapi pertandingan pertama, penting untuk memiliki keseimbangan fisik dan mental. Portugal? Semakin menyita perhatian kami. Urutan pertandingan tidak bisa diubah. Mereka juara Eropa dan tidak akan mudah dihadapi," jelas Lopetegui dilansir Football Espana. Eka
 
JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Sabtu, 16 Juni 2018
WAKTU: 01.45 WIB
LIVE: TransTV
TEMPAT: Olimpiyskiy Stadium
 
PERKIRAAN FORMASI
PORTUGAL (4-4-2): PATRICIO; GUERREIRO, ALVES, PEPE, SOARES; BRUNO, WILLIAM, MOUTINHO, BERNARDO; RONALDO, GUEDES
Pelatih: Fernando Santos
 
SPANYOL (4-2-3-1): DE GEA; ALBA, RAMOS, PIQUE, CARVAJAL; BUSQUETS, THIAGO; INIESTA, ISCO, SILVA; COSTA
Pelatih: Julen Lopetegui
 
3 LAGA TERAKHIR PORTUGAL
29/05/2018*Portugal*2 - 2*Tunisia
03/06/2018*Belgia*0 - 0*Portugal
08/06/2018*Portugal*3 - 0*Aljazair
 
3 LAGA TERAKHIR SPANYOL
28/03/2018*Spanyol*6 - 1*Argentina
04/06/2018*Spanyol*1 - 1*Swiss
10/06/2018*Tunisia*0 - 1*Spanyol
 
PERTEMUAN KEDUA TIM
30/06/2010*Spanyol*1 - 0*Portugal
18/11/2010*Portugal*4 - 0*Spanyol
28/06/2012*Portugal*0 - 0*Spanyol
 
10 PERTEMUAN TERAKHIR
MENANG (Portugal): 2
MENANG (Spanyol): 2
IMBANG: 6
 
 
BERIKUT PEMBAGIAN GRUP: 
 
GRUP A
RUSIA
ARAB SAUDI
MESIR
URUGUAY
 
GRUP B
PORTUGAL
SPANYOL
MAROKO
IRAN
 
GRUP C
PERANCIS
AUSTRALIA
PERU
DENMARK
 
GRUP D
ARGENTINA
ISLANDIA
KROASIA
NIGERIA
 
GRUP E
BRASIL
SWISS
KOSTA RIKA
SERBIA
 
GRUP F
JERMAN
MEKSIKO
SWEDIA
KOREA SELATAN
 
GRUP G
BELGIA
PANAMA
TUNISIA
INGGRIS
 
GRUP H
POLANDIA
SENEGAL
KOLOMBIA
JEPANG

(Eka)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com