RNJ Gelar SOTR Bersama Anak Jalanan

RNJ Gelar SOTR Bersama Anak Jalanan


Jakarta, HanTer - Relawan Nusantara Jokowi (RNJ) bekerjasama dengan law-justice.co menggelar sahur on the road (SOTR), Senin (11/6/2018) dinihari.

Dalam aksi ini mereka mencoba membantu meringankan beban penderitaan warga kurang mampu dan anak jalanan dengan membagikan makan sahur gratis dikawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Ada seratusan lebih warga miskin termasuk anak jalanan dan pengamen yang berkumpul di lokasi demi mendapatkan jatah makan sahur secara cuma - cuma. Dalam kesempatan itu sejumlah warga miskin mengeluh tidak bisa mudik lebaran karena tak memiliki biaya.

Bagi anak - anak yang bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melafalkan dasar Pancasila tak hanya mendapat makan sahur gratis, tetapi juga diberikan apresiasi berupa uang jajan. Saat acara berlangsung, beberapa ibu dan anak - anak bahkan menangis histeris, karena kerinduannya dengan kampung halaman,

Sekjen RNJ Diah Warih mengatakan, aksi turun kejalan ini merupakan bentuk kepeduliaannya terhadap penderitaan yang dialami warga miskin. Warih panggilan akrabnya bahkan berharap adanya perhatian lebih dari Pemprov DKI dan Kementerian Sosial kepada warga kurang mampu, agar tidak ada lagi gelandangan di ibukota.

"Ya kita berharap Pemprov DKI maupun Kementerian Sosial lebih keras lagi melakukan pembenahan terhadap warga kurang mampu, karena disini saya melihat masih banyak warga yang hidupnya terlantar tidak memilik tempat tinggal dan pekerjaan," ujar Warih.

Rencananya aksi berbau sosial akan terus dilakukan RNJ dengan terjun langsung ke masyarakat, sebagai upaya membantu pemerintah pusat dalam mengurangi beban penderitaan masyarakat kurang mampu.

Selain RNJ, aksi positif juga dilakukan Gereja Katedral bersama sejumlah komunitas masyarakat yang menggelar acara buka puasa bersama pada Jumat sore (1/6/2018).

Acara ini dilangsungkan di aula Gereja Katedral. Komunitas yang hadir dalam acara buka puasa istimewa itu antara lain GusDurian, Komunitas Pustaka Bergerak Indonesia, dan Gerakan Kebaikan Indonesia. Total peserta mencapai lebih dari 50 orang.

Acara buka bersama di Katedral ini digagas oleh Alissa Wahid, putri presiden keempat Abdurrahman Wahid. Alissa mengatakan kegiatan ini digelar untuk mempererat solidaritas antar umat agama, khususnya pasca teror di Surabaya. Kegiatan ini juga dimaksudkan memberi pesan kepada pihak -pihak tertentu yang dianggap ingin memecah umat di Indonesia, bahwa rakyat Indonesia tetap bersatu di tengah goncangan apapun.

"Jadi sentimen kebencian yang setahun setengahini terutama sangat kuat ternyata juga sekarang menemukan momentum perlawanannya. Lebih banya korang yang ingin menjaga Indonesia daripada mereka-mereka yang ingin mempromosikan kebencian antar kelompok," kata Alissa.

Banyak lagi yang bisa diambil sebagai contoh dari semangat ramadhan yang penuh berkah, tapi entah apa alasan banyak orang justeru mengambil contoh yang negatif, semoga tahun depan Sahur on The Road tidak lagi menjadi momok mengerikan menjelang Sahur tapi berkah untuk semua umat manusia.

(Safari)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com