Garin Nugroho: Rizal Ramli Hadir dengan Gagasan, Tokoh Lain Lewat Pencitraan

Garin Nugroho: Rizal Ramli Hadir dengan Gagasan, Tokoh Lain Lewat Pencitraan

Jakarta, HanTer - Kehadiran Rizal Ramli di bursa calon presiden patut diapresiasi. Bersama track record yang dimilikinya, kehadiran Rizal Ramli bagai angin segar yang bertiup di musim panas.
 
Rizal Ramli bukan hanya hadir di tengah krisis tokoh yang berani mencalonkan diri sebagai presiden untuk menghadapi petahana Joko Widodo. Kehadiran sosok dan perjuangannya yang orisinil sangat dibutuhkan di saat panggung politik nasional dipenuhi atraksi pencitraan dan kepalsuan. 
 
Demikian antara lain yang dapat disimpulkan dari pandangan sineas dan seniman Indonesia, Garin Nugroho. 
 
Menurutnya, Rizal Ramli memiliki kadar kepemimpinan yang mumpuni dan gagasan kebangsaan serta pemahaman terhadap persoalan makro dan mikro, juga persoalan di level lokal, nasional, kawasan dan global. 
 
"Gagasan (Rizal Ramli) diperlukan di era baru ini. Tanpa gagasan dan sikap kebangsaan, kepemimpinan hanya jadi boneka beragam kepentingan,” ujar Garin kepada wartawan, Sabtu (17/3).
 
Menurut Garin, Rizal Ramli harus maju dalam kompetisi Pilpres 2019 untuk menandingi sejumlah calon yang besar karena pencitraan.
 
"Harus ada calon seperti Rizal Ramli untuk menandingi calon-calon yang berbasis pencitraan tanpa gagasan kebangsaan. Saat ini terjadi kemerosotan berbangsa, karena hanya menumbuhkan citra,” tuturnya.
 
Dia juga mengatakan bahwa jejaring media sosial menjadi salah satu alat yang paling ampuh yang menopang politik pencitraan. Eforia pada media sosial ini harus diubah. 
 
"Pencitraan berbasis medsos harus dihentikan dan diubah. Kita harus mengedepankan gagasan berbasis fakta. Agar rakyat bisa membaca peta masa depan Indonesia," pungkas Garin. 
 

(Akbar)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com