Bungkam Arab Saudi 5 Gol Tanpa Balas, Rusia Berpesta di Pembukaan PilDun 2018

Bungkam Arab Saudi 5 Gol Tanpa Balas, Rusia Berpesta di Pembukaan PilDun 2018

Kejuaraan Dunia Sepakbola 2018

Moskow, HanTer - Pesta pembukaan Kejuaraan Sepakbola Dunia 2018 Rusia yang berlangsung meriah, seiring dengan hasil laga tim tuan rumah dalam melakoni laga pembuka. 
 
Membungkam Arab Saudi dengan lima gol tanpa balas, menjadi awal yang bagus bagi tim racikan Stanislav Cherchesov,l saat berlangsung di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB.
 
Adalah Yuri Gazinskiy pada laga baru berjalan 12 menit sukses menggetarkan gawang Arab Saudi yang dikawal oleh kiper Abdullah Al Muaiouf, pasca mendapatkan umpan lambung dari Aleksandr Golovin.
 
Sebelum turun minum tepatnya dimenit ke-43, giliran Denis Cheryshev yang mendapat umpan dari Roman Zobnin, membuat Al Muaiouf kembali memungut bola dari dalam jaringnya. Skor 2-0 untuk tuan rumah Rusia bertahan hingga paruh babak.
 
Ketika babak kedua dimulai sekitar 26 menit atau tepatnya pada menit ke-71, Artem Dzyuba membuat Rusia unggul 3-0 atas Arab Saudi. Lagi-lagi Aleksandr Golovin menjadi dalang bagi Rusia untuk mencetak gol. Umpan lambung dari depan kotak pinalti disambut tandukan keras striker Arsenal Tula itu yang mengarah ke sudut kiri gawang Arab Saudi, tak bisa dijangkau oleh Abdullah Al Muaiouf.
 
Denis Cheryshev yang memulai laga dari bangku cadangan menggantikan Alan Dzagoev pada menit ke-24, seakan membuktikan dirinya kepada pelatih Stanislav Cherchesov, bahwa dirinya layak menjadi tim inti. 
 
Setelah merobek gawang Abdullah Al Muaiou di menit ke-43, hal serupa juga dilakukannya pada menit ke-90+1, sehingga skor berubah menjadi 4-0 bagi tuan rumah.
 
Unggul empat gol tanpa balas hingga masa injury time, membuat tim berjuluk Sbornaya itu tak berpuas diri. Giliran Aleksandr Golovin yang sebelumnya telah sangat berperan terjadinya dua gol bagi Rusia melalui umpan-umpannya.
 
Pada menit ke-90+4 dirinya menyempurnakan laga tersebut dengan menciptakan gol melalui tembakan bebas melengkung yang gagal diantisipasi oleh kiper Arab Saudi.
 
Skor 5-0 bertahan hingga wasit Nestor Pitana asal Argentina, meniupkan peluit panjang babak kedua.
 
Data dan Fakta laga Rusia vs Arab Saudi
 
- Kemenangan Rusia atas Arab Saudi berarti bahwa negara tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertandingan pembukaan mereka setelah melewati 21 edisi turnamen.
 
- Rusia mencetak lebih dari dua kali jumlah gol dalam permainan ini (5) daripada yang mereka lakukan di seluruh putaran final Kejuaraan Dunia Sepakbola edisi 2014, lebih dari tiga pertandingan. 
 
- Arab Saudi belum memenangkan satu pun dari 11 pertandingan terakhir mereka di Kejuaraan Dunia Sepakbola (W0, D2 dan L9). Kemenangan terakhir mereka di kompetisi ini dimulai pada babak grup 1994. 
 
- Denis Cheryshev dari Rusia menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak gol di pertandingan pembuka Kejuaraan Dunia Sepakbola.
 
- Artem Dzyuba mencetak gol untuk Rusia hanya 89 detik setelah keluar dari bangku cadangan; gol tercepat dengan pemain pengganti di ajang serupa sejak Marcin Zewlakow untuk Polandia v USA pada 2002.
 
- Dalam laga ini, Sergei Ignashevich menjadi pemain tertua yang pernah muncul dalam pertandingan untuk Rusia, yakni 38 tahun & 335 hari.

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com