Kemenpora Buka Kejuaraan Paragliding TROI 2018

Kemenpora Buka Kejuaraan Paragliding TROI 2018


Dharmasraya, HanTer - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi, Teguh Raharjo membuka kejuaraan Paragliding Trip of Indonesia (TROI) di Bukit Tambun, Nagari Gunung Selasih, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat (22/6/2018).

Kabupaten Dharmasraya menjadi tempat pembuka seri pertama dari lima seri yang ada, yakni pada 22-24 Juni. Selanjutnya, TROI 2018 akan dihelat di Mantar (NTB) pada 20-22 Juli, Kemuning (Karanganyar) pada 3-5 Agustus, Mandalika (Lombok) pada 5-7 Oktober dan Mondangan (Malang) 23-25 November mendatang.

Mewakili Menpora Imam Nahrawi, Teguh Raharjo selaku Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi memaparkan ada alasan khusus mengapa Kabupaten Dharmasraya terpilih sebagai tempat seri pembuka TROI 2018.

"Menindaklanjuti kunjungan Pak Presiden Joko Widodo, kami mencoba. Dan ternyata di Kabupaten Dharmasraya ini mempunyai potensi luar biasa untuk kita kembangkan, khususnya olahraga Paragliding," kata Teguh.

Tak hanya itu, Kabupaten Dharmasraya dipilih menjadi seri pembuka lantaran ada sebuah misi khusus bagi Kemenpora, yakni membudayakan masyarakat setempat agar lebih aktif serta gemar berolahraga. Dan tentu akan mengarah kepada sebuah prestasi kedepan.

"Semoga event menghasilkan bakat atlet yang berstandar internasional. Karena saya dapat informasi bahwa ada beberapa atlet dari Sumatera Barat akan mewakili Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi dalam mengibarkan merah putih di kancah internasional," paparnya.

"Saya yakin, olahraga kita akan maju kalau pemerintah daerahnya punya komitmen tinggi. Dan kami dari pusat, pasti akan hadir serta memberikan support penuh demi kemajuan olahraga di Indonesia," jelas dia.

Bukan hanya pembudayaan olahraga dan juga prestasi, lanjut Teguh, kehadiran TROI di Kabupaten Dharmasraya juga menjadi pemantik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk bisa menengok segala potensi, seperti sport tourism maupun keindahan alam dan histori budayanya.

"Dengan topografi yang bervariasi antara bukit bergelombang dan dataran tinggi, menjadikan Kabupaten Dharmasraya menjadi tempat yang berpotensi besar dalam bidang Sport Tourism. Oleh karena itu, kami atas nama pemerintah pusat (Kemenpora -red) menyampaikan apresiasi yang luar biasa," ujar Teguh.

Diketahui, TROI 2018 akan dilaksanakan dalam lima seri. Pada seri pertama yang berlangsung di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, sebanyak 197 peserta dari 12 Provinsi berpartisipasi dalam ajang tahunan Kemenpora yang bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) sejak 2014 silam. 

(Eka )

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com