Pesta Kesenian Bali 2018 Rencananya Dibuka Presiden Jokowi

Pesta Kesenian Bali 2018 Rencananya Dibuka Presiden Jokowi


Denpasar, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB), Sabtu (23/6/20178). Jika tidak ada perubahan, Jokowi akan mengikuti pawai pembukaan menaiki mobil hias. 
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, menyambut baik kehadiran Presiden Jokowi. “Pesta Kesenian Bali diharapkan bisa menarik wisatawan dalam jumlah besar. Apalagi peserta mancanegara juga terlibat. Kehadiran Presiden Joko Widodo akan menaikkan value event ini,” tutur Pitana, Jumat (22/6).
 
Pitana sangat optimis wisatawan akan membludak. “Kehadiran Presiden akan menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan akan membanjiri acara ini,” katanya.
 
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengaku telah mendapat kepastian kehadiran Presiden Jokowi. "Presiden sudah pasti hadir. Nanti beliau akan berikan sambutan sekaligus melepas pawai. Kedatangan Presiden setelah kunjungan kerja di Jawa Timur," kata Beratha, Jumat (22/6/2018).
 
Orang nomor satu di Indonesia ini terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo. Presiden Jokowi beserta rombongan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurai Rai, Jumat sore, sekitar pukul 18.18 WITA.
 
"Begitu tiba di bandara, Bapak Presiden Jokowi turun didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan disambut beberapa pejabat daerah," ungkapnya.
 
Kedatangan rombongan Presiden disambut tarian api. Hal ini sesuai tema acara 'Teja Dharmaning Kauripan' atau Api Spirit Penciptaan. Sejumlah menteri kabinet kerja akan turut hadir di acara ini.
 
Beratha menjelaskan, Setelah dibuka Presiden, perwakilan dari delegasi 9 kabupaten/kota di Bali akan mempertontonkan kesenian daerah masing-masing. "Parade juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali. Ada pula pameran dari Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta perwakilan dari Konjen Jepang dan China," tambah Beratha.
 
Pesta Kesenian Bali akan berlangsung sekitar 2 jam. Rute peserta akan mengelilingi jalan di kawasan Bajra Sandi Renon Denpasar.
 
"Semua kontingen ada 18 termasuk penari dan penabuh dari kampus ISI Denpasar (yang membawakan tarian api). Keseluruhan untuk pawai pembukaan ini sekitar 1.000 seniman," terang Beratha.
 
Selain membuka PKB, Presiden Jokowi akan melakukan sosialisasi peluncuran aturan baru tentang pajak UMKM. Aturan tersebut sebelumnya diluncurkan di Surabaya. Di mana, pemerintah memberlakukan tarif PPh final menjadi 0,5% dari sebelumnya 1%. Aturan ini juga berlaku pada 1 Juli 2018.
 
Jokowi juga dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, PKB ini sudah sangat konsisten. buktinya sudah digelar ke-40 dan wajib diekspose di seluruh media maupun sosial media. "Kemasannya harus berkelas dunia. Pak Presiden Jokowi saja datang untuk kedua kalinya. Ini bukti PKB memberikan kesan oke ke Presiden,” kata Menpar Arief Yahya.
 
Menpar Arief Yahya mengungkapkan, kekuatan Bali adalah budaya. Kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali sebagian besar karena faktor budaya. Pesta Kesenian Bali ini adalah aktivitas untuk merawat dan menjaga asset budaya Bali. “Karena itu, PKB menjadi momentum yang sangat strategis,” kata Menpar Arief Yahya.

(Eka)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com