Kembali Terpilih Sebagai Presiden Turki, Erdogan Dapat Ucapan Selamat Dari Sejumlah Pemimpin Dunia

Kembali Terpilih Sebagai Presiden Turki, Erdogan Dapat Ucapan Selamat Dari Sejumlah Pemimpin Dunia


Turki, HanTer - Pemimpin dari berbagai negara mengucapkan selamat atas kesuksesan Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden dan parlemen yang dilakukan pada Minggu.
 
Ucapan pertama muncul dari Perdana Menteri Hungaria Victor Orban menurut sumber kepresidenan.
 
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas "kesuksesan besar" dalam pemilu presiden menurut pernyataan dari kantor kepresidenan Azerbaijan yang dikutip Reuters.
 
Dalam pembicaraan telepon, Aliyev mengatakan bahwa Turki tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Erdogan dan posisi Ankara di dunia internasional juga semakin moncer.
 
Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan atas "kesuksesan proses demokrasi di Turki dan kemenangannya dalam pemilihan presiden" menurut siaran kantor berita WAFA.
 
"Saya berharap Turki semakin sukses, maju, dan stabil," kata dia.
 
Erdogan menjawabnya dengan menegaskan dukungan Turki kepada rakyat Palestina dan "serta perjuangan mereka menuntut keadilan, kebebasan, dan stabilitas."
 
Dari Serbia, Presiden Aleksander Vucic berharap Erdogan berhasil menjalankan amanah.
 
"Serbia sangat mengutamakan persahabatan dengan Turki. Kami akan terus menjadi rekan yang bisa diandalkan kepada Turki dan pemimpinnya, yang siap melindungi negaranya di masa yang penuh tantangan," kata Vucic dalam pernyataan tertulis.
 
Ucapan selamat juga datang dari negara-negara dengan mayoritas penduduk Islam seperti Pakistan, Qatar, dan Kuwait.
 
Presiden Pakistan Mamnoon Hussain "mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilu."
 
Hussain menegaskan tingginya tingkat partisipasi dan damainya pemilu adalah bukti kekuatan nilai-nilai dan institusi demokrasi di Turki.
 
Emir Qatar Tamim bin Hamad at-Thani dan Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jabar as-Sabah juga menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan.

(Ant)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com