Resmi Mendarat, Emirates Ciptakan Sejarah Hubungkan Dubai-Bali-Auckland

Resmi Mendarat, Emirates Ciptakan Sejarah Hubungkan Dubai-Bali-Auckland


Denpasar, HanTer - Sejarah diciptakan maskapai Emirates yang menghubungkan tiga kota dunia dengan Bali sebagai poros utamanya. Koneksi internasional ini menyatukan Dubai (Uni Emirat Arab), Bali (Indonesia), dan Auckland (Selandia Baru). Official Send-off ceremony rute baru Emirates tersebut dilakukan pada Senin (25/6/2018) di Bandara Internasional Ngurah Rai.
 
Acara tersebut dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Konektivitas Udara Robert Daniel Waloni, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Australia dan Oceania Kemenpar Adella Raung. Selain itu hadir pula langsung dari Dubai Senior Vice President of Far East and Asia, Emirates, Badr Abbas didampingi oleh Emirates Country Manager for Indonesia Rashid Al Ardha. Sebelumnya pesawat perdana landing pada tanggal 14 Juni 2018, beberapa waktu lalu.
 
Momentum ini positif bagi kepariwisataan nasional karena semakin membuka lebar pintu konektivitas udara internasional nasional  dengan adanya regular flight dari Selandia Baru yang ototmatis menambah alur masuk wisman. Terhubungnya poros Denpasar-Auckland tentu menjadi sejarah dan momentum baru. Sebab, mobilitas wisatawan menjadi efektif dan nyaman. Mereka bisa berwisata ke Bali dulu. Kemudahan aksesibilitas ini tentu menjadi potensi bagi pariwisata Bali dan Indonesia," ungkap Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Konektivitas Udara Robert Daniel Waloni yang juga diamini Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Australia dan Oceania Kemenpar Adella Raung, Senin (25/6/2018).
 
Diuntungkan posisi geografis, arus masuk wisatawan Selandia Baru sangat potensial bagi kepariwisataan nasional. Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan Negeri Kiwi mencapai 100 ribu orang. Jumlah tersebut naik 20% dari tahun 2015. Menariknya lagi, saat ini potensi pasar wisman di sana diperkirakan berjumlah 4,6 juta dan 54% diantaranya selalu melancong ke mancanegara.
 
"Kami optimistis, koneksi ini akan membawa pengaruh besar bagi semua pihak. Poros ini akan tumbuh bagus, apalagi Bali ini tujuan wisata terbaik dunia. Selain itu, di sekitar Bali juga ada destinasi terbaik seperti Pulau Lombok dan Pulau Komodo. Kawasan ini eksotis dan menjadi tujuan liburan pesohor dunia,"tambah Adella lagi.
 
Dekat dengan Bali dan aksesibilitas mudah, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini memiliki banyak destinasi wisata terbaik. Ada eksotisme Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika, Gunung Rinjani, Desa Wisata Sade dan Trio Gili (Air, Trawangan, dan Meno). Lalu, Kawasan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, menjadi habibat satwa Komodo (Varanus Komodoensis). 
 
Kawasan Pulau Komodo dan Rinca merupakan salah satu favorit liburan para pesohor dunia. Pada Juni 2018, bintang sepakbola Marcos Llorente (Real Madrid) dan Arjen Robben (Bayern Muenchen) baru saja berlibur di sana. Pada 2015, Chris Smalling (Manchester United) lebih dahulu berkunjung ke sana. Serupa kunjungan rider Moto GP Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, hingga aktris Gwyneth Paltrow.
 
"Dengan potensi besar dan eksotis yang mendunia di sekitar Bali, poros ini berkembang cepat. Sebab, saat ini yang menjadi kendala air connectivity yang langsung dari luar. Kami berharap ada maskapai lain yang mengikuti langkah ini. Poros Bali ini selalu jadi pilihan para wisatawan dunia,"ujar Robert.
 
Mendukung aksesibilitas menuju Bali dan sekitarnya dengan konsep daily flight, Emirates menyediakan fasilitas terbaik. Terbagi dalam tiga sesi, rute Dubai-Bali akan dilayani pukul 06.00 waktu setempat. Lalu, Bali-Auckland dibuka pukul 22.00 WITA. Untuk perjalanan sebaliknya, rute Auckland-Bali dimulai jam 12.40 waktu setempat. Berikutnya Bali-Dubai dilayani pukul 19.50 WITA.
 
Memberikan layanan dan kenyamanan maksimal, Emirates mengoperasikan armada Boeing 737-700ER. Ada beberapa kelas yang ditawarkan, seperti first (8 seats), business (42 seats), lalu economy (304 seats). Robert Daniel Waloni mengatakan, energi baru bagi pariwisata Bali dan Indonesia telah diberikan oleh Emirates.
 
"Kehadiran Emirates di poros Dubai-Denpasar-Auckland ini tentu luar biasa. Penerbangan ini menjadi sejarah penting.Kini ada banyak pilihan maskapai bagi wisman yang ingin berlibur ke Bali," tutur Robert.
 
Sebelum poros Dubai-Denpasar-Auckland milik Emirates terbentuk, Auckland-Denpasar baru dihubungkan oleh Air New Zealand secara seasonal yang terbatas pada rentang waktu April hingga Oktober.
 
Sementara itu dalam sambutan resminya Senior Vice President of Far East and Asia, Emirates, Badr Abbas mengaku sangat senang rute yang bersejarah ini tercapai. Karena dengan penerbangan ini maka semuanya semakin terbuka.
 
“Poin utama nya adalah rute flight ini membuka kesempatan yang lebih besar untuk perkembangan trade and tourism antara Dubai, Bali, dan Auckland,"kata Badr Abbas. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, aktivasi poros baru Dubai-Denpasar-Auckland menjadi momentum positif bagi perekomonomian Pulau Dewata dan destinasi wisata di sekitarnya.
 
"Kami memberikan apresiasi bagi Emirates karena telah menghubungkan Dubai-Denpasar-Auckland. Sinergi ini tentu positif. Sebab, Bali ini tujuan wisata terbaik dunia. Tentu kami akan semakin optimistis, jumlah wisman Auckland akan naik dan impactnya bagi perekonomian positif. Masyarakat Bali dan sekitarnya akan semakin sejahtera," tutup Menpar. 

(Eka)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com