Ditahan Imbang, Portugal dan Spanyol Lolos Ke-16 Besar

Ditahan Imbang, Portugal dan Spanyol Lolos Ke-16 Besar

Kejuaraan Dunia Sepakbola 2018

Saransk, HanTer - Dua tim asal Eropa yang menghuni Grup B, Spanyol dan Portugal melenggang kebabak 16 besar, setelah dilaga terakhir babak penyisihan, masing-masing bermain imbang dari tim wakil Afrika Utara dan Asia.
 
Spanyol tampil sebagai juara grup melalui selisih gol dengan Portugal yang harus puas sebagai runner-up, meski sama-sama memiliki poin 5.
 
La Furia Roja, julukan untuk timnas Spanyol, tampil sebagai juara grup setelah ditahan imbang dengan skor 2-2 oleh Maroko, meski terlebih dahulu tertinggal oleh gol Khalid Boutaib di menit ke-14, namun dibalas oleh gol Isco  di lima menit kemudian.
 
Tim racikan Fernando Hierro itu kembali tertinggal melalui gol Youssef En-Nesyri di menit ke-81, namun kini giliran Iago Aspas yang mencatatkan namanya dipapan skor pada menit ke-90, sekaligus merubah keadaan menjadi 2-2 hingga Ravshan Irmatov, wasit asal Uzbekistan meniupkan peluit panjang babak kedua, saat berlangsung di Stadion Kaliningrad, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB.
 
Sementara itu Portugal yang menjadi runner-up Grup B, ditahan imbang Iran dengan skor 1-1 saat berlaga Mordovia Arena, di waktu dan jam yang bersamaan. Gol Ricardo Quaresma di menit ke-45 membuka asa tim besutan Fernando Santos untuk menjadi pemuncak klasemen akhir fase grup.
 
Namun hadiah penalti bagi Iran dari wasit Enrique Caceres asal Paraguay dimenit ke-90+2, membuyarkan asa Seleccao das Quinas, julukan Portugal untuk menjadi juara grup. Pasalnya, Karim Ansarifard sukses mengeksekusi tendangan penalti, setelah sang pengadil lapangan melakukan peninjauan video (VAR), pasca tangan Cedric Soares menyentuh bola didalam kotak penalti.
 
Ini merupakan drama terlambat yang terjadi di penghujung laga Grup B. Dengan beberapa detik tersisa, Portugal akan berakhir di puncak dan dengan Spanyol kedua, namun gol-gol yang terjadi pada menit-menit akhir di kedua laga itu membuat  hasil yang berbeda.
 
Seandainya peluang Iran menjadi gol dimenit akhir itu, mereka akan lolos sebagai pemenang grup dan Portugal harus angkat koper dari Rusia. 
 
Pemain sayap Iran Alireza Jahanbakhsh mengungkapkan kekecewaannya dengan hasil imbang ini, setelah banyak menciptakan peluang namun tidak menjadi gol. "Kami memiliki peluang besar di akhir pertandingan, kami bisa mencetak gol dan memenanginya. Seperti yang semua orang lihat, kami melakukan yang terbaik untuk memenangkan pertandingan ini tetapi sayangnya kami melewatkan beberapa peluang," tutur Jahanbakhsh pasca laga.
 
Sementara itu manajer Maroko Herve Renard, mengatakan bahwa kejuaraan dunia ini telah menjadi pengalaman yang luar biasa di saat skuadnya kekurangan akan pengalaman. "Saya datang ke sini untuk belajar dan kami telah belajar banyak melalui tiga pertandingan. Kami akan senang untuk melangkah ke babak berikutnya, tapi kenyataanya tidak, namun kami harus bangga dengan apa yang yang telah kami lakukan dan apa yang telah kami capai ini," ucapnya disesi jumpa pers.
 
"Kami menderita, karena setiap tim yang bermain melawan Spanyol menderita, karena line-up mereka adalah campuran dari pemain Real Madrid dan pemain Barcelona, semua luar biasa. Tapi saya pikir para pemain kami, seluruh tim, harus dipuji untuk pertandingan ini dan seluruh tim yang terlibat dalam ajang ini," tambahnya.
 
"Kami akan mempertahankan kehadiran kami dalam turnamen ini di dalam pikiran kami. Ini adalah momen yang ajaib bagi kami dan saya ingin mengucapkan semoga sukses bagi semua tim di babak 16 besar dan khususnya dua tim Afrika (Senegal dan Nigeria) yang berusaha lolos ketahap selanjutnya," pungkas manajer berpaspor Prancis itu.
 
Pencetak gol semata wayang Portugal, Ricardo Quaresma mengatakan bahwa timnya telah melakoni laga dengan sangat baik, sehingga mencapai tujuannya untuk lolos ke sisitim gugur dan memikirkan pertandingan berikutnya.
 
Selanjutnya, Portugal akan menantang Uruguay yang tampil sebagai Grup A dengan hasil sempurna tanpa mengalami kebobolan. "Kami tahu kesulitan yang akan kami hadapi itu adalah tim besar dengan pemain yang sangat bagus dan yang paling penting sekarang adalah bagi kami untuk pulih dan bersiap-siap untuk menghadapi Uruguay," ucap Quaresma 
 
Sedangkan Spanyol akan menghadapi tuan rumah Rusia sebagai runner-up Grup A, setelah dibungkam 0-3 oleh Uruguay di pertandingan terakhir babak penyisihan. "Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Mereka memainkan sepakbola yang sangat baik. Kami memainkan pertandingan persahabatan melawan mereka menjelang turnamen ini, jadi kami tahu tentang mereka, terlebih bermain didepan publiknya sendiri," ucap gelandang Spanyol, Isco. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com