Tak Perlu Antre Lama, BPJS Ketenagakerjaan Sediakan Sistem Antrean Online

Tak Perlu Antre Lama, BPJS Ketenagakerjaan Sediakan Sistem Antrean Online


Jakarta, HanTer - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus mengembangkan transformasi digital untuk memudahkan pelayanannya kepada setiap peserta. Kali ini, kemudahan itu berupa sistem antrean online yang diberlakukan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Menara Jamsostek.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Menara Jamsostek, Agoes Masrawi mengatakan, sistem antrean berbasis online ini terbukti efektif dalam memangkas waktu tunggu antrean serta membuat proses pengajuan klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) peserta lebih mudah dan efisien.

Sistem ini sendiri, ungkap Agoes, sudah berjalan sejak 9 Mei 2018 lalu di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Menara Jamsostek. “Peserta juga tidak perlu datang sejak pagi, karena peserta bisa menentukan sendiri kapan mau datang dan pada hari apa. Sehingga lebih mudah dan efisien,” kata Agoes di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Sistem antrean online tersebut bisa diakses di www.bpjstk-layananprima.com. Melalui layanan ini, peserta bisa menentukan hari dan tanggal kedatangan, serta kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang dipilih untuk mengajukan klaim.

Caranya pun cukup mudah, peserta diminta melakukan registrasi data pribadi, seperti nama dan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya, peserta tinggal mencetak nomor antrean yang telah disediakan.

Dengan sistem ini, diharapkan antrean panjang peserta di tiap-tiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dapat terurai dan proses pengajuan klaim yang lebih efisien. “Jangan lupa membawa dokumen dan data diri asli dalam proses validasi di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Menara Jamsostek,” Imbuh Agoes Masrawi.

Tak hanya itu, sambung Agoes, sejak lama BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan fasilitas  klaim JHT disejumlah bank nasional yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek, diantaranya Bank BNI, BTN, dan BJB.

“Ini berupaya untuk terus BPJS Ketenagakerjaan memberikan kenyamanan kepada peserta dalam proses pengajuan klaim,” ujarnya.

 

 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com