Pertamax Cs Naik Hingga Rp900 Per Liter

Pertamax Cs Naik Hingga Rp900 Per Liter


Jakarta, HanTer - Pertamina menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Kenaikan BBM Pertamax Cs ini berlaku efektif Minggu (1/7/2018).

“BBM kita hampir sembilan puluh persen kan impor, jadi mengikuti harga minyak dunia, sehingga kita tidak bisa mengontrolnya,” kata VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, Minggu (1/7/2018).

Adiatma menegaskan, keputusan menaikkan harga BBM ini juga sudah disampaikan kepada pemerintah, lantaran setiap kenaikan harga BBM nonsubsidi kini harus mendapat izin dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 21 Tahun 2018 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. “Sudah sesuai aturan,” kata dia.

Namun begitu, ia menjelaskan, kenaikan harga itu berlaku se-Indonesia namun besaran kenaikannya bervariasi, menyesuaikan dengan provinsi masing-masing. Misalnya, harga baru Pertamax di DKI Jakarta, naik menjadi Rp9.500 per liter dari sebelumnya Rp8.900. Harga Pertamax Turbo sebelumnya Rp10.100 per liter kini menjadi Rp10.700 per liter. Harga Dexlite dari harga Rp8.100 per liter menjadi Rp9.000 per liter.

Selanjutnya, Pertamax Dex dari harga Rp10.000 per liter menjadi Rp10.500 per liter. Namun, untuk harga Pertalite tidak naik alias tetap seperti harga semula, misal, di DKI Jakarta dan beberapa provinsi tetap Rp7,800 per liter. 

 

(Arbi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com