Tajuk: Selamat Bekerja Para Walikota dan Bupati Baru Jakarta

Tajuk: Selamat Bekerja Para Walikota dan Bupati Baru Jakarta


Warga Jakarta mendapat walikota dan bupati baru. Mereka adalah Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi, Walikota Jakarta Timur, M. Anwar, Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali, Walikota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau dan Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad.
 
Pelantikan kelima walikota dan bupati dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (5/7/2018). 
 
Anies berpesan kepada Walikota dan Bupati yang baru dilantik sebagai garda terdepan melindungi rakyat harus membela mereka yang termarginalkan, baik yang termarginalkan secara sosiologis, ekonomi, maupun secara bawaan memiliki kebutuhan khusus. Walikota dan Bupati adalah garda terdepan, lindungi rakyat kita.
 
Tak hanya itu Anies juga meminta kepada para pejabat menjaga integritas, jaga kepercayaan dan kepercayaan itu rumusnya ada kompetensi, ada integritas, dan ada kedekatan. Dekat dengan rakyat, tunjukkan kompetensi, jaga integritas. Dengan cara ini kepercayaan rakyat akan dating.
            
Kita mengapresiasi permintaan Anies agar para pejabat melindungi rakyat dan menjaga integritas. Dengan demikian, para pejabat di Pemprov DKI lebih memikirkan rakyat ketimbang kepentingan pribadi dan kelompok. Juga dengan integritas yang baik, para walikota dan bupati tidak akan melakukan korupsi.
 
Publik berharap walikota dan bupati yang dilantik dapat bekerjasama bersama masyarakat dengan cara-cara yang baru dan totalitas. Masyarakat tidak butuh pejabat yang jauh dan susah dijangkau.
 
Ketika seseorang diangkat atau ditunjuk untuk memimpin ia sebenarnya mengemban tanggung jawab yang besar sebagai seorang pemimpin yang harus mampu mempertanggung jawabkannya. Bukan hanya dihadapan manusia tapi juga dihadapan Allah. 
 
Menjadi pemimpin atau pejabat bukanlah untuk menikmati kemewahan atau kesenangan hidup dengan berbagai fasilitas duniawi yang menyenangkan, tapi justru ia harus mau berkorban dan menunjukkan pengorbanan, apalagi  ketika masyarakat yang dipimpinnya berada dalam kondisi sulit dan sangat sulit.
 
Untuk melaksanakan amanah rakyat tentu para walikota dan bupati itu mendapat tanggung jawab yang besar untuk menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan yang menghantui masyarakat yang dipimpinnya untuk selanjutnya mengarahkan kehidupan masyarakat untuk bisa menjalani kehidupan yang baik dan benar serta mencapai kemajuan dankesejahteraan. 
 
Untuk itu, mereka dituntut bekerja keras dengan penuh kesungguhan dan optimisme. Dengan demikian kehidupan rakyat yang dipimpin akan semakin baik, tidak lagi miskin dan bisa mengurangi pengangguran.
 
Tentu tak kalah pentingnya adalah para kepala daerah itu harus menjadi pelayan bagi orang yang dipimpinnya, karena itu menjadi pemimpin mendapatkan kewenangan yang besar untuk bisa melayani masyarakat dengan pelayanan yang lebih baik dari pemimpin sebelumnya. Karenanya harus memiliki visi dan misi pelayanan terhadap orang-orang yang dipimpinnya guna meningkatkan kesejahteraan  hidup. 
 
Selamat bekerja para walikota dan bupati baru Jakarta. Tugas utama yang harus dilakukan adalah mensejahterakan warga ibu kota.

(***)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com