Berbagai Pertunjukan Disajikan, Jakarnaval 2018 Meriah dan Hibur Masyarakat Jakarta

Berbagai Pertunjukan Disajikan, Jakarnaval 2018 Meriah dan Hibur Masyarakat Jakarta


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menggelar Jakarnaval 2018. Perhelatan ini dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (9/7/2018). Antusiasme masyarakat tampak meramaikan festival tersebut.
 
Pantauan Harian Terbit, sepanjang Jalan Merdeka Selatan ditutup untuk penyelenggaraan acara. Masyarakat memenuhi tempat acara guna melihat setiap parade yang ditampilkan.
 
Acara diawali dengan penampilan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang mengendarai sepeda motor sembari memutari jalanan. Selanjutnya, diikuti berbagai tarian-tarian khas Betawi.
 
Anies menyatakan Jakarnaval diikuti oleh semua unsur SKPD, BUMD, atlet Asian Para Games, seniman hingga perwakilan daerah. Karena itu, dia meminta agar masyarakat dapat menjaga ketertiban selama acara.
 
"Saya harap juga kepada semuanya menyongsong pelaksanaan Asian Games, mari jadikan Jakarta tuan rumah yang baik, bersih, rapih, warganya ramah," jelasnya di lokasi acara.
 
Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melakukan rekayasa lalu lintas berkaitan penyelenggaraan Jakarnaval 2018 pada Minggu 8 Juli 2018 mulai pukul 15.00WIB hingga 18.00WIB.
 
"Secara keseluruhan, kegiatan Jakarnaval dimulai dari depan Gedung Balai Kota. Kegiatan itu terdiri dari parade orang dan parade kendaraan hias," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah.
 
Menurut dia, rute iringan kegiatan Jakarnaval 2018 dimulai dari depan Gedung Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan-belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Barat-putar balik masuk silang Merdeka Barat Laut.
 
"Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, maka kami akan melakukan rekayasa lalin dalam beberapa tahapan," ujar Andri seperti dilansir dari Antara.
 
Dia menuturkan pada Sabtu (7/7) pukul 22.00WIB hingga Minggu (8/7) pukul 23.00WIB, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup karena akan dilakukan loading dan pemasangan tenda-tenda.
 
Pawai Mobil
 
Pawai unik juga berlangsung di kegiatan Jakarnaval 2018. Pawai dimulai pukul 15.30-16.00WIB. Koordinator lapangan Jakarnaval 2018, Ari Mariono mengatakan, ada beragam budaya Betawi dan atraksi kendaraan yang ditunjukkan dalam pawai tersebut.
 
"Atraksi kebudayaan Betawi, olahraga, mobil hias ada 12 kendaraan yang terdiri dari swasta, Ancol, Summarecon, Bank DKI, Bank BJB, ada juga lima SKPB Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan," kata Ari di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Minggu (9/7/2018).
 
Ari menjelaskan, mobil hias yang ikut pawai Jakarnaval tahun ini berbeda dengan Jakarnaval 2017. Menurut Ari, mobil tahun ini dihias dengan memperlihatkan sejumlah icon yang menjadi lokasi Asian Games 2018.
 
"Kita gunakan konsep setiap peserta karnaval mobil hias harus menunjukkan logo Asian Games dan logo Asian Para Games. Agar dapat memperlihatkan semangat di dalam desain kendaraan tersebut. Contohnya Jakarta Pusat bentuknya GBK," ungkap Ari.
 
Selain itu, ada puluhan kendaraan operasional yang juga ikut pawai, baik dari Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas Kebersihan, juga pemadam kebakaran.
 
Ari menyampaikan, ada sekitar 70 kendaraan dengan beragam jenis yang akan ditampilkan. Termasuk, kendaraan kuno hingga Harley Davidson.
 
"Dinas kebersihan dengan mesin sweeper. Kemudian TransJakarta juga menyumbangkan kendaraan sangat banyak dengan sticker logo Asian Games. Kodam Jaya yang akan memperlihatkan mobil perang, sebagai bentuk kesiapan Pemprov DKI untuk menyambut kegiatan Asian Games dan Asian Para Games 2018," pungkas Ari.
 
Konvoi Vespa
 
Selain itu dalam Jakarnaval 2018, Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno melakukan konvoi menggunakan Vespa yang telah dimodifikasi sehingga memiliki gandengan. Mereka meramaikan festival Jakarnaval 2018 dengan berkonvoi dari Balai Kota menuju area festival.
 
Anies dan Sandiaga berkonvoi bersama komunitas Vespa dari Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018). Anies mengajak anaknya, Mikail dan Ismail.
 
Anies berjalan santai dengan Vespanya sekitar 10 menit. Dia bersama Sandiaga melanjutkan dengan membuka resmi festival Jakarnaval. "Ayo jalan," sebut Anies singkat sebelum menggunakan vespanya.
 
Anies menebar senyum kepada warga yang hadir di karnaval tersebut. Usai konvoi dengan vespa, Anies bertemu dengan tamu dari duta besar dan pejabat lainnya. "Sore ini tiba waktunya, dan kita sudah menunggu lama. Kita menyaksikan festival Jakarnaval 2018," tutur Anies. 

(Harian Terbit/Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com