Samuel Umtiti Bawa Prancis ke Final

Samuel Umtiti Bawa Prancis ke Final

Kejuaraan Dunia Sepakbola 2018

St Petersburg, HanTer - Tim Nasional Prancis menang tipis dengan skor 1-0 atas Belgia pada pertandingan semifinal PD Rusia 2018 yang berlangsung di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.
 
Gol semata wayang tim berjuluk Les Bleus itu dihasilkan dari tandukan kepala pemain bertahan Samuel Umtiti pada menit ke-51, untuk mengamankan tempat ke final melawan Inggris atau Kroasia.
 
Dalam proses gol, Umtiti melompat tinggi di tiang dekat untuk menyambut tendangan sudut Antoine Griezmann, yang kemudian melewati kiper Thibaut Courtois. Hal itu sudah cukup untuk membawa ke Prancis untuk pertama kalinya sejak 1998, ketika mereka menjuarai Piala Dunia sebagai tuan rumah turnamen dan kemudian kalah dari Italia pada 2006.
 
Belgia, yang bermain di semifinal Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah satu penampilan pada 1985, menambah tekanan dan hampir menyamakan kedudukan melalui sundulan Marouane Fellaini pada menit ke-65, meski sebelumnya kerap menciptakan sejumlah peluang. Namun mereka tidak mampu menciptakan gol penyama kedudukan meski telah mencetak 14 gol pada lima pertadingan sebelumnya di turnamen ini.
 
Prancis melanjutkan penampilan cemerlang mereka saat menghindari jatuh ke jebakan Belgia. Setelah Setan Merah -julukan Belgia- mendominasi babak pertama, sebagian besar berkat performa Eden Hazard yang mengagumkan, Prancis mengambil tanggung jawab dan mengendalikan pertandingan di babak kedua. 
 
"Ini adalah pertandingan yang sangat ketat, tidak ada banyak momen besar yang akan menentukan pertandingan. Perbedaan antara kekalahan atau kemenangan adalah satu situasi bola mati, itulah seberapa dekat permainan itu," komentar pelatih Belgia, Roberto Martinez, pasca laga.
 
"Saya sangat bangga dengan para pemain. Mereka kalah dengan terlebih dulu melakukan banyak usaha untuk mencetak gol, memberikan semua yang mereka miliki, mengemudi sampai detik terakhir. Anda harus menerimanya, mengucapkan selamat kepada Prancis dan semoga mereka beruntung untuk partai Final," tambahnya.
 
Tidak ada pelatih yang pernah memimpin lebih banyak pertandingan Prancis di Piala Dunia daripada Didier Deschamps. Setelah pindah melampaui Raymond Domenech dan Michel Hidalgo pada hari Selasa, ia akan memperpanjang rekor itu lebih jauh pada hari Minggu nanti.
 
"Itu sesuatu yang luar biasa. Saya sangat senang untuk pemain saya, mereka masih muda tetapi memiliki karakter, mentalitas dalam bertanding. Sulit hari ini melawan tim yang sangat bagus seperti Belgia tetapi gol kecil ini baik bagi kami. Melewati laga ini kami harus bekerja keras. Kami bisa mengambil sedikit lebih banyak keuntungan pada akhir pertandingan, sehingga saya mengangkat topi untuk pemain saya dan semua staf saya," tutur Didier Deschamps.
 
"Kami akan memainkan final ini. Saya merasa banyak kebanggaan di grup setelah 49 hari bersama. Banyak hal telah terjadi, hal-hal yang lebih sulit. Pertandingan itu milik para pemain dan jika kita berada di final Piala Dunia, itu menjadi ungkapan terima kasih kami kepada mereka yang berada di lapangan. Jadi kita akan melihat besok dengan tenang siapa yang akan ada menjadi yang terbaik di dunia saat ini," pungkasnya. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com