Menteri BUMN Tinjau UKM di Rest Area Tol Palikanci

Menteri BUMN Tinjau UKM di Rest Area Tol Palikanci



Cirebon, HanTer - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada Rabu (11/7/2018) meninjau aktivitas pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di rest area kilometer 207 Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci).

"Sebetulnya saya dengan Kementerian PU sudah berkoordinasi bahwa rest area itu harus ada tempat untuk UMKM, dan juga di situ sudah ditambahkan bahwa minimal itu tersedia 30 persen (area komersial) untuk UMKM," kata Rini saat meninjau UKM binaan PT Jasa Marga (Persero) dilansir Antara.

Ketika meninjau Tempat Istirahat KM 207, Rini berdialog dengan sejumlah pelaku UKM yang menjual berbagai produk mulai dari buah, makanan ringan, sampai batik.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan pelaku UKM di area rihat jalan nasional tidak terimbas pengoperasian jalan tol baru.

Rini menegaskan kementerian aktif meminta badan-badan usaha milik negara yang mempunyai kemampuan untuk membina UKM di area ruas jalan tol baru.

Ia mengatakan program Rumah Kreatif BUMN akan diaktifkan untuk membantu Jasa Marga dan Waskita mengelola area UMKM di tempat istirahat jalan tol.

Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan mengatakan Tempat Istirahat KM 207 di ruas Palikanci strategis karena berada di tengah jalur Jakarta-Semarang yang panjangnya sampai 400 kilometer. Tempat istirahat tersebut luasnya enam hektare dengan kapasitas parkir 600 kendaraan kecil dan 80 kendaraan besar.

Rata-rata jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan tol tersebut, menurut dia, mencapai 200 kendaraan per jam pada hari biasa dan 800 hingga 900 kendaraan per jam pada libur panjang.

(safari)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com