KY Prioritaskan Aspek Integritas Calon Hakim Agung

KY Prioritaskan Aspek Integritas Calon Hakim Agung


 

Jakarta, HanTer - Juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi mengungkapkan pihaknya memberikan apresiasi kepada DPR yang telah menyetujui semua calon hakim agung yang diajukan KY.

"KY mengapresiasi persetujuan DPR terhadap semua calon yang diajukan KY," ujar Farid melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Adapun dua calon hakim agung yang diajukan oleh KY adalah Abdul Manaf dari Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh dari Kamar Perdata.

Sebelumnya, Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmon Junaidi Mahesa.

"Persetujuan DPR ini membuktikan bahwa kedua lembaga telah melakukan tugasnya terkait menyeleksi hakim agung dengan baik," kata Farid.

Lebih lanjut Farid menyebutkan bahwa proses seleksi calon hakim agung ini memberikan gambaran bahwa semua lembaga yang terlibat berkomitmen untuk memberikan kepastian hukum bagi para pencari keadilan dengan memenuhi permintaan MA terhadap kebutuhan hakim agung.

Sebagai mitra, KY juga akan terus membangun komunikasi intensif dengan Komisi III DPR RI dalam upaya mewujudkan peradilan bersih dan agung, tambah Farid.

"KY memastikan akan terus mengutamakan aspek kualitas dan integritas dalam mencari hakim agung," ujarnya.

(safari)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com