Prof Hermawan Sulistyo: Menteri Budi Karya Tidak Miliki Manajerial Kepemimpinan

Prof Hermawan Sulistyo: Menteri Budi Karya Tidak Miliki Manajerial Kepemimpinan


Jakarta, HanTer - Berbagai kecelakaan kapal yang terjadi dalam kurun waktu sebulan terakhir ini banyak menelan korban jiwa dan materi. Kepemimpinan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dipertanyakan?
 
Prof Hermawan Sulistyo mengatakan pada dasarnya semua tak lepas dari persoalan kepemimpinan. "Ketidakmampuan manajerial pimpinan. Kerjanya hanya menyelamatkan jabatan dengan pencitraan dan nempel presiden," ujar Hermawan kepada Harian Terbit di Jakarta, Rabu (11/7/2018).
 
Pakar dari LIPI ini mengungkapkan, ada suatu imbas. "Mencopot 400 pejabat teknis pada hari gini jelas berpengaruh terhadap kinerja presiden. Tidak pernah memimpin birokrasi dan mengandalkan orang luar yang tidak pernah jadi aktivis sebagai tangan kanannya. Bagaimana birokrasi bisa diatur staf khusus yang tidak punya pengalaman sebagai aktivis sehingga tidak punya visi ke depan?," paparnya.
 
Peristiwa 39 unit kapal yang terbakar di pelabuhan Benoa, Bali, Senin (9/7/2018) tidak hanya menyita perharian berbagai media nasional dan daerah, namun juga menjadi pemberitaan media asing.
 
Walau pun menurut pihak terkait menyatakan kapal-kapal itu sudah lama tidak berlayar.
 
"Kapal pasif atau mati, yang sudah tahunan tidak ke mana-mana," kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Dwi Yanto, Senin (9/7/2018).
 
Sebelumnya Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga diamuk si jago merah. "Kemungkinan arus pendek yang ada di ruang CCTV itu, kemungkinan ya. Masih proses penyelidikan," ujar Kasiops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Pusat Syarifudin di Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018).
 
Kebakaran gedung Kemenhub ini  menyebabkan beberapa lantai mengalami kerusakan yang parah akibat dahsyatnya kobaran api, hingga menyebabkan 3 orang tewas.
 

(Danial)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com