Sejumlah Tokoh Tampil Pada Diskusi Kupas Tuntas Skandal BLBI

Sejumlah Tokoh Tampil Pada Diskusi Kupas Tuntas Skandal BLBI


Jakarta, HanTer - Sejumlah tokoh nasional akan tampil dalam Diskusi Publik: Kupas Tuntas Skandal BLBI yang diselenggarakan HUMANIKA, Jumat (13/7/2018). Acara yang dimulai pukul 13.00 ini berlangsung di Restoran Raden Bahari, Jl Warung Buncit Raya no 135 Mampang Jaksel.
 
Tampil sebagai nara sumber DR.Fuad Bawazier (Eeks Menkeu), DR.Bima Yudhistir (pengamat ekonomi Indef), DR.Dina Nurul Fitria (pengamat ekonomi), DR.Margarito Kamis (pengamat hokum), DR Ahmad Yani (pengamat hokum), dan Uchok Sky Khadafi (Direktur Center for Budget Analisis/CBA). Tampil sebagai host, Andrianto, presidium pergerakan.
 
Dalam keterangan pers, Koordinator Presidium Sobarul Fajar dan Sekjen HUMANIKA Syaroni, menyatakan, BLBI pada mulanya dari krisis moneter yang melanda Asia pada tahun 1997, bermula kejatuhan mata uang Baht/Thailand merembet ke sejumlah negara termasuk Indonesia...
Atas anjuran IMF pemerintah saat itu gelontorkan ratusan triliun ke perbankan nasional & swasta.
 
Namun terjadi penyelewengan oleh para pihak terutama pemilik Bank. Akibatnya Audit BPK tahun 2000 kerugian negara mencapai 138,4 triliun rupiah. Angka yang fantastis pada saat itu. Menurut Forbes/2004 BLBI puncak gunung es korupsi terbesar di dunia.
 
Banyak cara sudah dilakukan untuk skema penyelesaian antara lain realese dan discharge Inpres no 8/2002 dimasa Megawati yakni berupa SKL kepada obligor BLBI
 
Dalam keterangan  pers juga disebutkan, yang ironis kita pun harus menanggung dana bunga rekap 80 triliun/th sampai 2030 di APBN. “Tentu kita berharap momentum saat ini sudah layak BLBI dituntaskan.
Sehingga ada penuntasan yg kekal dan komprehensif sehingga uang negara yang jumlahnya ratusan triliun bisa dikembalikan untuk kemakmuran rakyat,” kata Sobarul Fajar.
 
Sekjen HUMANIKA Syaroni mengatakan tujuan diskusi antara lain mengelaborasi lagi soal BLBI, membedah anatomi BLBI, mengurai fraksis hukum BLBI, meminta aparat hukum dalam hal ini KPK segera tuntaskan BLBI.

(Danial)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com