Merasa Dalam Kondisi Teraniaya, Aryono Huboyo Djati Somasi 8 Media

Merasa Dalam Kondisi Teraniaya, Aryono Huboyo Djati Somasi 8 Media


Jakarta, HanTer - Siapapun jika karya aslinya dipakai atau dipinjam tanpa izin pasti akan marah. Apalagi, jika dianggap memiliki nilai komersial, tentu pemilik karya tersebut akan bereaksi secara hukum yang berlaku. 
 
Itulah yang dilakukan fotografer senior yang juga pembuat karya lagu Burung Camar, Ariyono Hoboyo Djati. Pasalnya, foto orisinil hasil jepretannya pada sosok jurnalis sekaligus aktor dan sutrarada senior Tino Saroengallo, yang meninggal dunia pada Jumat 27 Juli 2018, digunakan tanpa izin oleh delapan media. 
 
“Jujur saya dalam kondisi teraniaya, makanya setelah saya pikir dan berkonsultasi dengan teman yang ahli hukum. Dan, akhirnya saya memutuskan somasi delapan media tersebut,” kata Ariyono di kawasan Kemang Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). 
 
Bersama Iwan Pangka  dan Phoa Bing Hauw sebagai kuasa hukumnya, Aryono pun  melayangkan surat somasi kepada delapan media tersebut. Hal itu dilakukan sebagai pembelajaran terbaik bagi siapapun nantinya.
 
“Intinya ini melanggar hak moril sekaligus hak ekonomi atas karya Pak Aryono. Apabila teguran dan tuntutan kami tidak dipenuhi, maka kami akan mengajukan gugatan secara hukum,” kata Iwan Pangka alias Paulus Irawan, SH. 
 
Dijelaskan Aryono, sebenarnya pemotretan mendiang Tino berlangsung pada 2016, atas permintaan Tino untuk buku yang tengah dipersiapkan. Nah, uniknya foto  menampilkan wajah sumringah Tino yang mengenakan jaket merah dan berkaca mata tersebut, mengandung sisi personal dan emosional.
 
“Harus diakui, saya berteman dengan Tino sejak 1987 dan melakukan berbagai kegiatan di berbagai wilayah Indonesia. Beliau meminta sendiri untuk saya foto. Kami ke sebuah kafe bersama Addie MS, terciptalah foto itu,” kenangnya. 
 

(romi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com